Soal Kontroversi Wasit Laga Man City Vs Tottenham, Guardiola Sindir Arteta

Arief HadiArief Hadi - Senin, 04 Desember 2023
Soal Kontroversi Wasit Laga Man City Vs Tottenham, Guardiola Sindir Arteta
Mateo Kovacic dan Erling Haaland protes kepada wasit Simon Hooper (Twitter)

BolaSkor.com - Juara bertahan Premier League, Manchester City, gagal meraih kemenangan untuk tiga kali beruntun. Usai ditahan imbang Chelsea (4-4) dan Liverpool (1-1), The Citizens seri 3-3 melawan Tottenham Hotspur di Etihad Stadium, Minggu (03/12) malam WIB.

Tottenham kembali jadi momok bagi Man City khususnya dengan serangan balik mereka. Tiga gol Tottenham besutan Ange Postecoglou dicetak oleh Son Heung-min (6'), Giovani Lo Celso (69'), dan Dejan Kulusevski (90').

Sementara tiga gol tuan rumah, dengan 55 persen penguasaan bola dan 17 percobaan tendangan, dicetak oleh Son Heung-min (9' bunuh diri), Phil Foden (31'), dan Jack Grealish (81'). Man City pun kini ada di urutan tiga (30 poin) di bawah Arsenal (33 poin) dan Liverpool (31 poin).

Drama enam gol di Etihad Stadium juga diwarnai momen kontroversial dari wasit laga, Simon Hooper jelang laga berakhir. Momen itu terjadi kala Man City melakukan serangan balik yang berpotensi jadi gol, tetapi Hooper menghentikan laga untuk tendangan bebas meski bola dikuasai pemain Man City.

Baca Juga:

Trisula Lini Depan Terbaik Premier League Saat Ini

Hasil Pertandingan: Barcelona dan Inter Menang, Man City Ditahan Imbang Tottenham

Chelsea Punya Karakter untuk Bersaing dengan Klub Terbaik

Selepas laga berakhir Erling Haaland terlihat melakukan protes keras kepada wasit, sampai ia meluapkan emosinya kala berbicara kepada Lo Celso.

Menanggapi momen kontroversial tersebut, Guardiola menyindir Mikel Arteta yang pernah terang-terangan mengkritik kinerja wasit. Guardiola tak melakukannya dan menyayangkan Man City kembali gagal meraih kemenangan.

"Pertanyaan berikutnya. Saya tidak akan memberikan komentar (seperti) Mikel Arteta. Sulit ketika Anda meninjau gambar, wasit memutuskan untuk meniup peluit setelah dia mengatakan untuk melanjutkan permainan. Setelah umpan, peluit, jadi saya tidak mengerti aksi ini," papar Guardiola dikutip dari Goal.

"Itu adalah pertandingan yang bagus, itu yang paling penting. Sangat disayangkan, sama seperti pertandingan melawan Liverpool, saya merasa hari ini kami tampil luar biasa di semua aspek, melawan tim dan manajer yang sangat bagus serta cara mereka bermain."

"Kami menciptakan banyak peluang, kami agresif, sangat terkonsentrasi, dan perasaannya adalah kami masih ingin berada di sana (di puncak klasemen). Sangat disayangkan. Terkadang sepak bola itu seperti kehidupan, Anda tidak mendapatkan apa-apa yang layak Anda dapatkan."

Guardiola kembali lebih memberikan sorotan kepada pertandingan ketimbang kinerja wasit, meski ia tak habis pikir dengan keputusan Hooper. Ia juga menegaskan agar Man City kembali fokus untuk laga berikutnya melawan Aston Villa.

"Kadang-kadang saya kehilangan akal mengenai wasit, tapi kali ini tidak. Orang selalu bisa melakukan kesalahan. Saya terkejut dengan fakta bahwa dia meniupkan peluit ketika Erling terjatuh, setelah dia berdiri kembali dan memberikan umpan sehingga wasit membuat isyarat untuk melanjutkan laga," imbuh Guardiola.

"Tapi kemudian ketika bola mengarah ke Jack, lalu peluit. Itu membuat Anda berpikir (terengah-engah dan berkata 'argh'). Jika di saat yang tepat ketika Erling terjatuh wasit meniupkan peluit maka Anda berkata, 'Oke', tapi ia melakukannya setelah mengatakan mainkan. Saya tidak tahu."

"Itu adalah pertandingan yang bagus, semua orang menikmatinya. Spurs sangat senang, kami kurang begitu. Selanjutnya ke Villa Park untuk pertandingan berikutnya dan pergi lagi," tegas Guardiola.

Tottenham Tottenham Hotspur Manchester City Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan