Piala Asia 2023

Skuad Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 Ditetapkan Setelah TC di Turki

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 30 November 2023
Skuad Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 Ditetapkan Setelah TC di Turki
Starting eleven Timnas Indonesia saat mengalahkan Turkmenistan 2-0, pada laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (8/9) malam WIB. (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

BolaSkor.com - Skuad final Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 akan ditetapkan di Turki. Artinya, pemusatan latihan atau training camp (TC) dijadikan sebagai seleksi akhir.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, mengatakan sudah ada 30 pemain yang ada di daftar pemanggilan untuk menghadapi Piala Asia 2023. Kejuaraan itu akan digelar di Qatar mulai 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

Sebelum berlaga di Piala Asia, Timnas Indonesia akan TC di Turki mulai 20 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024. Setelah TC berakhir, akan ada pencoretan pemain dari skuad.

"Kami akan membawa kalau tidak salah, (berdasarkan) nama-nama yang sementara diserahkan ke saya untuk dilakukan pemanggilan itu ada 30 pemain," kata Sumardji saat ditemui awak media termasuk BolaSkor di Jakarta, Kamis (30/11).

"Tapi (jumlah itu) masih belum pasti. Bisa bertambah dari 30 (pemain) itu jadi 40. Tergantung kebutuhan," ujarnya menambahkan.

Baca Juga:

Timnas Indonesia TC ke Turki 20 Desember, Rencanakan Dua Uji Coba

Timnas Indonesia Gelar TC Sebelum Piala Asia, PSSI Upayakan Pemain Abroad Bergabung

Nantinya, dari 30 sampai 40 pemain itu, skuad akan dipangkas menjadi sekira 22 atau 23 pemain. Ini tergantung regulasi jumlah pemain yang bisa didaftarkan untuk Piala Asia 2023.

"Kemarin saya bicara sama coach Shin (Tae-yong), disampaikan ke saya mungkin bisa (panggil) 30 pemain, bisa 40. Tapi yang akan dipakai 22 atau 23, itu sesuai regulasi. Sisanya nanti dipulangkan (dari Turki)," tutur Sumardji.

Jika tidak ada perubahan, skuad Timnas Indonesia akan bertolak ke Turki pada 20 Desember. TC itu akan berlangsung sampai 6 Januari 2023.

Selama di Turki, kata Sumardji, Timnas Indonesia tidak hanya sekadar berlatih. PSSI menyiapkan pertandingan uji coba dengan negara-negara lain.

Hal ini supaya Timnas Indonesia semakin siap untuk menghadapi Piala Asia 2023. Skuad Garuda tergabung di Grup D bersama lawan-lawan yang cukup kuat, yakni Jepang, Irak, dan Vietnam.

"Nanti di sana, di Turki, kita akan merencanakan sesuai dengan permintaan dari coach Shin (Tae-yong), itu ada dua uji coba," ujar Sumardji.

Timnas Indonesia Tc timnas Sumardji Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.036

Bagikan