Skandal Baru Nodai Formula 1

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 05 Maret 2024
Skandal Baru Nodai Formula 1
Fernando Alonso (twitter)

BolaSkor.com - Kabar kurang sedap mewarnai dunia Formula 1. Muncul isu yang menyebut Presiden FIA, Mohammed Ben Sulayem ikut campur tangan dalam mempengaruhi hasil balapan.

Berdasarkan informasi dari BBC Sport, insiden ini terjadi pada GP Arab Saudi musim 2023. Terdapat tuduhan Ben Sulayem mengintervensi penalti Fernando Alonso.

Sebagaimana diketahui, pada GP Arab Saudi 2023 lalu, Alonso sebenarnya berhasil finish di urutan ketiga. Namun karena tidak menjalankan penalti 5 detik dengan benar, pembalap Aston Martin itu akhirnya mendapatkan tambahan hukuman menjadi 10 detik.

Imbas dari keputusan ini, Alonso terpaksa turun ke posisi kelima. Namun usai mendapat permintaan peninjauan ulang dari Aston Martin, pihak steward mencabutnya. Alhasil Alonso berhak mendapat kembali posisi podium.

Lalu tepat di awal pekan ini, ada laporan mengejutkan terkait insiden Alonso. Muncul tuduhan yang menyebut Ben Sulayem mempengaruhi keputusan steward mencabut penalti Alonso.

BBC Sport lantas merinci tuduhan tersebut. Berdasarkan laporan yang diterima mereka, pencabutan penalti Alonso dilakukan ketika Ben Sulayem memanggil Sheikh Abdullah bin Hamad bin Isa Al Khalifa selaku wakil presiden FIA bidang olahraga untuk kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara.

Terkait laporan ini, Komite Etik dikabarkan langsung bertindak cepat. Diperkirakan butuh waktu empat hingga enam minggu untuk melakukan proses investigasi.

Penulis: Bintang Rahmat

F1 Fernando alonso
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan