Silat Cimande dan Peran Terhadap Medali Emas Asian Games 2018

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 24 Agustus 2018
Silat Cimande dan Peran Terhadap Medali Emas Asian Games 2018
Tim paralayang putra Indonesia sabet medali emas. (ANTARA FOTO/INASGOC)

BolaSkor.com - Tim paralayang Indonesia mencatatkan hasil sempurna pada Asian Games 2018. Sebanyak dua medali emas berhasil dipersembahkan tim tuan rumah pada perlombaan yang berlasung di Gunung Mas, Puncak.

Medali emas Asian Games 2018 dipersembahkan Jafro Megawanto pada nomor Individu. Sementara pada nomor beregu tim Indonesia diperkuat Hengin, Jafro, Aris Apriansyah, Joni Efendi, dan Roni Pratama.

Fokus menjadi kunci keberhasilan atlet paralayang Indonesia meraih kesuksesan pada Asian Games 2018. Namun, selain itu, ada peran silat Cimande di balik kesuksesan para atlet tuan rumah.

Ilmu silat Cimande dibutuhkan para atlet untuk mengatur pernapasan. Cara tersebut efektif menghilangkan perasaan gugup menjelang perlombaan.

"Kami sudah dilatih teknik pernafasan dari ilmu bela diri Cimande sejak setengah tahun belakangan," kata Hening.

"Pelatih mendatangkan gurunya langsung dari Cimande untuk melatih kita teknik pernafasan," sambungnya.

Selain silat Cimade, para atlet juga mendapat bimbingan konseling untuk menghilangkan stres jelang perlombaan. Hal ini perlu dilakukan karena cabang olahraga paralayang membutuhkan nyali yang besar.

"Yang kedua ada psikologi, ini masuk dalam pilar sport science, kita diukur tingkat stress, nanti ada sesi konselingnya," ujar Hening. (Laporan Langsung Reporter Tri Wahyu Andhika Putra)

Baca berita selengkapnya soal sisi menarik Asian Games 2018 lainnya di Side.id

Paralayang Asian games 2018 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.072

Bagikan