Shin Tae-yong Puji Pemain Timnas Indonesia U-23 Usai ke Final Piala AFF U-23 2023

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 25 Agustus 2023
Shin Tae-yong Puji Pemain Timnas Indonesia U-23 Usai ke Final Piala AFF U-23 2023
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong memuji penampilan para pemainnya saat menghadapi tuan rumah Thailand di babak semifinal Piala AFF U-23 2023, Kamis (24/8). Laga yang dimainkan di Stadion Provinsi Rayong itu berhasil dimenangkan Timnas Indonesia U-23 dengan skor 3-1.

Kemenangan atas Thailand ini mengantarkan Timnas Indonesia U-23 ke final yang akan berlangsung pada Sabtu (26/8). Di partai puncak, Alfeandra Dewangga dkk. bakal menantang Vietnam yang berhasil menyingkirkan Malaysia.

"Skor menunjukkan kami bermain sangat baik melawan tim tuan rumah Thailand. Sangat sedikit pemain yang tersedia untuk pertandingan ini, sekitar 16 pemain saja, jadi saya mengapresiasi performa pemain," kata Shin Tae-yong.

Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 mencapai final sebetulnya cukup mengejutkan. Sebab, Garuda Muda datang ke turnamen dengan persiapan dan kondisi yang tidak ideal.

Selain hanya melakukan persiapan singkat selama satu pekan, Shin Tae-yong juga tidak bisa membawa skuat terbaiknya. Bahkan, jelang laga pertama fase grup melawan Malaysia, pelatih asal Korea Selatan tersebut baru mendapatkan kepastian mengenai status dua pemain, yakni Komang Teguh dan Titan Agung.

Baca Juga:

Bungkam Thailand, Timnas U-23 Melaju ke Final Hadapi Vietnam

Bungkam Malaysia 4-1, Timnas Vietnam U-23 ke Final

Kedua pemain tersebut batal berlaga di Piala AFF U-23 karena sanksi terhadap mereka berlaku di turnamen tersebut. Komang dan Titan dilarang tampil dalam 6 laga persahabatan Timnas Indonesia U-23 karena terlibat keributan dengan pemain dan ofisial Thailand di final SEA Games 2023.

AFC mengkategorikan Piala AFF U-23 sebagai laga persahabatan karena turnamen itu tidak masuk dalam kalender FIFA.

"Kami tidak punya cukup persiapan sebelum ke Thailand, dan juga waktu pemusatan latihan sangat singkat, tapi yang paling penting adalah kondisi tim, kami bermain terus dan tim kami berkembang dalam segi kerja sama tim, dan kami menunjukkan performa yang lebih baik ketimbang di babak grup," jelas Shin Tae-yong.

Untuk laga final, Shin Tae-yong yakin bakal berjalan seru. Sebab, Vietnam juga merupakan salah satu kekuatan terbaik di Asia Tenggara.

"Semua tim di semifinal, Indonesia, Malaysia, Vietnam dan Thailand adalah tim bagus di Asia Tenggara, jadi laga melawan Vietnam akan menjadi pertandingan yang bagus," tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Timnas indonesia u-23 Shin Tae-yong Piala AFF U-23 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.318

Bagikan