Piala Asia 2023

Shin Tae-yong Ingatkan Suporter Tidak Berkata Kasar ke Pemain Timnas Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 05 Januari 2024
Shin Tae-yong Ingatkan Suporter Tidak Berkata Kasar ke Pemain Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat diwawancara awak media di Lapangan A Senayan, Senin (9/10). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengingatkan para suporter untuk tidak menyerang para pemain dengan umpatan atau perkataan kasar.

Shin Tae-yong memahami bahwa kecintaan para suporter terhadap Timnas Indonesia sangat besar. Namun, bukan berarti mereka bisa seenaknya berkata kasar atau mengumpat para pemain.

Menurut Shin Tae-yong, para pemain Timnas Indonesia membutuhkan dukungan positif jelang tampil di Piala Asia 2023 mulai 12 Januari sampai 10 Februari 2024. Timnas Indonesia yang tergabung di Grup D bakal bersua lawan-lawan tangguh, mulai dari Jepang, Irak dan Vietnam.

"Memang fans Indonesia antusiasnya sangat tinggi, jadi saya mohon jangan ada yang bicara kasar kepada pemain, karena timnas ini kumpul untuk memajukan sepak bola Indonesia, jadi tolong jangan berkata kasar kepada pemain," kata Shin Tae-yong.

"Dengan (berkata kasar) seperti itu, para pemain menjadi kurang semangat. Jadi memang kita perlu dukungan dari fans, tapi ya mohon dukungan penuh dan semangatnya dari para fans pada sepak bola Indonesia," ujarnya menambahkan.

Baca Juga:

Indra Sjafri Bela Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia Digilas Libya 0-4

Siap untuk Piala Asia, Elkan Baggott Tatap Serius Dua Uji Coba Terakhir

Sementara itu, melalui akun Instagram pribadinya, Shin Tae-yong juga mengajak suporter dan publik untuk tidak lagi membeda-bedakan pemain lokal dan keturunan. Sebab, mereka sama-sama anak bangsa yang berjuang mengharumkan nama bangsa melalui sepak bola.

"Mari hentikan membandingkan pemain lokal dan pemain keturunan. Kami semua di sini adalah satu keluarga dengan satu impian, yaitu memberikan yang terbaik untuk timnas dan rakyat Indonesia," tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Kekompakan pemain, pelatih, dan staf Timnas Indonesia. (Instagram)

Timnas Indonesia memang tengah disorot usai menelan kekalahan telak 0-4 dari Libya dalam uji coba jelang Piala Asia. Namun, Shin Tae-yong menegaskan bahwa hasil itu tidak berarti apa-apa.

Ia juga menjanjikan penampilan yang lebih baik pada pertemuan kedua dengan Libya malam nanti. Laga itu akan digelar di Stadion Titanic Mardan, Antalya, Turki.

"Pertandingan kemarin melawan Libya fokusnya daripada hasil pertandingan, tapi fokus ke insting pertandingan, fisik pertandingan, jadi hasil tidak terlalu penting. Tapi untuk besok (hari ini-Red) akan fokus ke organisasi dan mungkin akan berusaha untuk menang," pungkas Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia Tc timnas Shin Tae-yong Suporter Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.353

Bagikan