Piala Asia U-23 2024

Shin Tae-yong Berharap Bawa Skuad Terbaik ke Piala Asia U-23 2024

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 30 Maret 2024
Shin Tae-yong Berharap Bawa Skuad Terbaik ke Piala Asia U-23 2024
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat memberikan arahan kepada anak asuhnya. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto, berbicara soal persiapan Garuda Muda menghadapi Piala Asia U-23 2024 di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei mendatang.

Nova mengatakan pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, masih menunggu hasil komunikasi yang dilakukan PSSI dengan klub-klub terkait pemanggilan pemain.

Pasalnya, sebelum Piala Asia U-23 2024 dimulai, Shin Tae-yong akan memboyong Timnas Indonesia U-23 ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), untuk pemusatan latihan. Rencananya, ada 27 pemain yang bakal dibawa.

"(Timnas) U-23 masih menunggu komunikasi dengan klub, siapa yang bisa kami berangkatkan. Karena sesuai apa yang dikatakan pak Sumardji (manajer timnas dan Ketua BTN), kami akan berangkat (ke Dubai) tanggal 1. Tapi kita lihat komunikasi PSSI dengan klub seperti apa," kata Nova Arianto.

Nova berujar, Shin Tae-yong ingin Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 diisi pemain-pemain terbaik. Namun, karena ajang tersebut bukan turnamen resmi FIFA, Nova mengakui harus ada kesepakatan tertentu dengan klub selaku pihak yang memiliki pemain.

Untuk Liga 1, kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air itu akan libur pada 5 sampai 14 April 2024 untuk menyambut Hari Raya Idulfitri. Sehingga, ada beberapa klub, seperti Persija Jakarta yang kemungkinan baru mau melepas pemainnya setelah laga kontra Persis Solo, Kamis (4/4).

"Kalau harapannya coach Shin, dia selalu berharap bisa tampil dengan pemain terbaiknya. Tapi kita lihat situasinya kan ada beberapa klub yang melepas tanggal 4 atau setelah mereka bermain."

Baca Juga:

Nathan Tjoe-A-On Masuk Daftar Pemain untuk Piala Asia U-23 2024, PSSI Tunggu Jawaban Klub

Sehabis Bantai Vietnam, Shin Tae-yong Langsung Persiapkan Timnas U-23 untuk Piala Asia

"Itu masih kita lihat situasinya ke depan karena kita masih menunggu komunikasi yang sedang berjalan antara PSSI dan klub," tutur Nova Arianto.

Sementara itu, Ketua Badan Tim Nasional (BTN) yang juga berstatus anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Sumardji, menyebut sudah berkomunikasi secara resmi dengan klub-klub, baik dari Liga 1 maupun luar negeri, soal pemanggilan pemain untuk Piala Asia U-23 2024.

Adapun beberapa pemain abroad yang umurnya memenuhi syarat untuk tampil di Piala Asia U-23 2024 jumlahnya cukup banyak, seperti Marselino Ferdinan (19 tahun), Justin Hubner (20), Ivar Jenner (20), Rafael Struick (21), Elkan Baggott (21), Pratama Arhan (22), dan Nathan Tjoe-A-On (22).

"Saya sudah berkirim surat ke beberapa klub yang menaungi para pemain abroad. Ada beberapa yang sudah memberikan jawaban, tapi juga ada yang belum memberikan jawaban. Kita tunggu nanti update-nya," ujar Sumardji.

Pada Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania. Garuda Muda ditargetkan lolos sampai babak semifinal supaya bisa merebut tiket Olimpiade Paris 2024.

Timnas indonesia u-23 Shin Tae-yong Sumardji Nova arianto Pssi Btn Tc timnas Piala Asia U-23 Piala Asia U-23 2024 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.336

Bagikan