Shin Tae-yong Ajukan Calon Asisten Pelatih Timnas, Ada Kim Bong-soo dan Radoncic

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 26 Agustus 2021
Shin Tae-yong Ajukan Calon Asisten Pelatih Timnas, Ada Kim Bong-soo dan Radoncic
Manajer Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI melakukan rapat evaluasi bersama Manajer Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pada Kamis (26/8) di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta,

Pada rapat ini PSSI diwakili oleh dua anggota Komite Eksekutif (Exco), Haruna Soemitro dan Endri Erawan. Hadir pula Direktur Teknik Indra Sjafri, Wasekjen Maaike Ira Puspita, dan Head of Legal Lexyndo Hakim. Sedangkan Shin Tae-yong didampingi oleh penerjemah Yoo Jae-hoon dan analis Kim Jong-jin.

Dalam kesempatannya, Shin Tae-yong mengajukan tiga nama calon asisten pelatih Timnas Indonesia. Haruna Soemitro dan Endri Erawan pun menjelasakan hasil pertemuan dengan Shin Tae-yong, dan tiga nama calon asisten pelatih Skuat Garuda.

Baca Juga:

Dihubungi Shin Tae-yong, Dzenan Radoncic: Insha Allah 10 Hari Lagi ke Timnas

Kim Bong-soo dan Dzenan Radoncic, Kandidat Asisten Shin Tae-yong di Timnas

"Shin Tae-yong memberikan evaluasi apa saja kelebihan dan kekurangan Timnas Indonesia selama mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan pemusatan latihan sebelumnya. Kami juga berdiskusi terkait roadmap Timnas Indonesia kedepannya," kata Haruna Soemitro, dikutip dari laman resmi PSSI.

"Tiga nama yang diajukan yakni Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, dan Dzenan Radoncic untuk menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia. Tentu kami akan memutuskan melalui rapat Komite Eksekutif apakah tiga orang tersebut layak menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia," imbuh Endri Erawan.

PSSI
Rapat evaluasi bersama Shin Tae-yong. (PSSI)

Asisten Shin Tae-yong Mundur hingga Muncul Kim Bong-soo dan Dzenan Radoncic

Sebelumnya, PSSI mengonfirmasi tiga asisten pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan (Korsel), Kim Hae-woon, Lee Jae-hong, dan Kim Woo-jae resmi mengundurkan diri. Selama mendampingi Shin Tae-yong, Kim Hae-woon bertugas sebagai pelatih kiper. Kim Woo-jae sebagai pelatih Teknik, dan Lee Jae-hong sebagai pelatih fisik.

Alasan ketiganya mundur karena alasan personal. Shin Tae-yong juga memberikan keterangan bahwa memang dirinya dengan tiga asistennya mengalami perbedaan pendapat.

Setelah itu, muncul nama Kim Bong-soo dan Radoncic bakal menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia untuk mendampingi Shin Tae-yong. Kabar ini berhembus dari akun media Instagram @Kleague_Indonesiafans.

Radoncic mengatakan, Shin Tae-yong sudah menghubungi dirinya. Saat ini, dirinya mengaku sedang mengurus visa ke Indonesia.

Dzenan Radoncic
Dzenan Radoncic. (Istimewa)

"Saya berharap Insha Allah 10 hari lagi bakal ke sana (Indonesia, untuk jadi asisten pelatih Timnas. Saya sudah dihubungi oleh Mr Shin, dia mengundang saya," kata Radoncic kepada BolaSkor.com.

Kim Bong-soo bukan nama asing di sepak bola Korea Selatan. Pria berusia 50 tahun tersebut pernah jadi pelatih kiper timnas Korea Selatan U-23 (2010-2012), timas Korea Selatan Senior (2013-2015), dan Suwon Samsung Bluewings (2019-2020). Sudah pasti Kim Bong-soo bakal mengisi pos pelatih kiper Timnas Indonesia pengganti Kim Hae-woon.

Sementara itu, Radoncic merupakan legenda K League yang berkarier selama semebilan tahun. Ia menjadi pemain Seongnam Ilhwa Chunma (2009-2011). Kebetulan saat itu, Shin Tae-yong jadi pelatihnya.

Saat masih menjadi pemain, Radoncic juga pernah membela Incheon United (2004-2008) dan Suwon Bluewings (2012-2013). Ia resmi pensiun di klub kampung halamannya, Mornar Bar (Montenegro pada tahun 2015.

Bersama Shin Tae-yong di Seongnam, Radoncic meraih gelar juara Liga Champions Asia 2010 dan Piala FA Korea 2011. Kemungkinan Radoncic bakal menjadi pengganti Kim Woo-jae sebagai pelatih teknik Timnas Indonesia.

Sementara itu, Shin Tae-yong bakal memimpin Timnas Indonesia untuk menggelar TC persiapan play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan, dan Piala AFF 2020. Lalu ada agenda Timnas Indonesia U-23 menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Shin Tae-yong Timnas Indonesia Pssi Haruna Soemitro Endri Erawan Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.694

Bagikan