Serba Bisa, Tyrell Malacia Tak Hanya Bisa Bermain sebagai Bek Kiri

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 27 September 2022
Serba Bisa, Tyrell Malacia Tak Hanya Bisa Bermain sebagai Bek Kiri
Tyrell Malacia (Twitter)

BolaSkor.com - Memiliki pemain serba bisa (versatile) menjadi kemewahan bagi pelatih, sebab mereka dapat dimainkan di peran atau posisi berbeda. Pada era sepak bola modern pemain seperti itu memiliki nilai plus.

Salah satu pemain itu adalah bek kiri Mannchester United, Tyrell Malacia. Pemain berusia 23 tahun diboyong Man United dari Feyenoord sebesar 15 juta euro, plus dua juta bonus, dan langsung menggeser Luke Shaw ke bangku cadangan.

Malacia berposisi sebagai bek kiri dan Erik ten Hag dalam beberapa laga terakhir Man United memainkannya di posisi tersebut. Akan tapi setelah melihat penampilan Malacia bersama timnas Belanda, ada opsi baru untuk Ten Hag.

Belanda dilatih eks pelatih Man United, Louis van Gaal, dan baru ini ketika Belanda menang 1-0 atas Belgia pada laga UEFA Nations League, Malacia bermain sebagai bek tengah-kiri pada taktik tiga bek yang diterapkan Van Gaal.

Baca Juga:

Ketika Manchester United Menolak Penawaran Comeback Eric Cantona

Cek Fakta - Cristiano Ronaldo Racun di Kamar Ganti Pemain Manchester United?

3 Alasan Cristiano Ronaldo Masih Dibutuhkan Manchester United

Van Gaal bereksperimen tapi itu bisa jadi peran baru bagi Malacia, sebab ia bermain baik. Van Gaal menjelaskan alasan memainkan Malacia sebagai bek tengah dan ia bisa jadi alternatif apabila bek Belanda lainnya, Bruno Martins Indi tidak pulih tepat pada waktunya.

"Saya menempatkan Malacia di posisi bek tengah kiri karena Martins Indi tidak akan masuk skuat Piala Dunia tepat waktu karena cedera," tutur Van Gaal ketika berbicara dengan NOS dan ESPN.

"Saya harus melihat pemain lain yang bisa bermain di sana dan saya ingin melihat apa yang bisa dilakukan Malacia, jadi (Nathan) Ake diganti."

“Saya menempatkan dia di kiri bek tengah karena (Kevin, gelandang Belgia) De Bruyne banyak bermain di sisi itu. Lebih baik memiliki pitbull seperti itu daripada seseorang seperti (Daley) Blind yang mencoba menyelesaikannya secara taktis."

"De Bruyne memiliki akselerasi lebih dari Blind juga, jadi saya menempatkan Malacia di sana, saya sudah membicarakan hal ini dengannya sehari sebelum kemarin, bahwa dia bisa bermain sebagai bek tengah kiri."

"Pekerjaan defensif dia lakukan dengan sangat baik. Tetapi pekerjaan konstruktif dalam pembangunan (serangan) bisa menjadi jauh lebih baik," urai Van Gaal.

Ten Hag sudah memiliki banyak opsi untuk bek tengah tapi jika ia ingin menerapkan taktik tiga bek, Malacia bisa jadi opsi dan Shaw menjadi bek sayap kiri.

Tyrell Malacia Manchester United Premier League Belanda Timnas Belanda
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.846

Bagikan