Selamat dari Sanksi Berat Didepak dari Piala Liga, Liverpool Hanya Dikenai Denda

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 03 Oktober 2019
Selamat dari Sanksi Berat Didepak dari Piala Liga, Liverpool Hanya Dikenai Denda
Liverpool kala menang 2-0 atas MK Dons (Twitter)

BolaSkor.com - Liverpool selamat dari dari potensi sanksi berat didepak dari Piala Liga akibat memainkan pemain yang sedianya tak boleh bermain. Menurut pernyataan dari EFL, dilansir dari Mirror, The Reds hanya dikenai sanksi denda dan tidak didepan dari turnamen.

Seperti diketahui, Liverpool menjadi sorotan di putaran empat Piala Liga 2019-20 ketika memainkan Pedro Chirivella saat tim menang 2-0 atas MK Dons. Chirivella tidak punya sertifikat transfer internasional setelah kembali dari masa pinjamannya dengan klub Spanyol, Extremadura.

Akan tapi, dengan mempertimbangkan banyak hal, termasuk faktor mitigasi (faktor yang dapat meringankan hukuman) karena izin kerja Chirivela menanti hasil kerja FA, Federasi Sepak Bola Inggris, maka EFL tidak mendepak Liverpool dari Piala Liga.

Menurut EFL, Liverpool telah meminta surat kerja bagi Chirivela dari Juli lalu, namun FA belum menyelesaikannya. Alhasil, Liverpool dikenai sanksi denda sebanyak 200.000 poundsterling - sisa 100.000 poundsterling akan dibayarkan sampai akhir musim 2020-21.

Baca Juga:

Liverpool Diduga Turunkan Pemain Ilegal di Piala Liga

Start Terbaik Liverpool dalam 29 Tahun Terakhir

Hasil Putaran Tiga Piala Liga: Chelsea Pesta Tujuh Gol, Man United Menang Drama Adu Penalti

Jurgen Klopp dan Pedro Chirivella

"Mengikuti hasil tinjau ulang komprehensif dari seluruh bukti, direksi memutuskan bahwa tidak tepat mendepak klub dari kompetisi karena beberapa faktor mitigasi," demikian pernyataan dari EFL.

"Secara khusus, direksi melihat bahwa klub meminta bantuan FA untuk mengamankan izin kerja internasional di awal musim ini, dan klub bisa memasukkan pemain dalam daftar susunan tim Premier League Two dan satu lagi Leasing.com Trophy."

"Hasilnya pelanggaran itu tidak diketahui hingga klub melaporkan isu tersebut ke EFL dan Premier League setelah laga melawan Mk Dons. Alhasil, klub terbukti bersalah juga ketika memainkan pemain kontra Oldham Athletic di Leasing.com Trophy."

"Klub akan didenda sebesar 100.000 poundsterling, plus denda tambahan, jika mereka kembali memainkan pemain yang tak boleh bermain di Piala Liga mulai dari sekarang hingga akhir musim depan," tegas pernyataan dari EFL.

Liverpool menerima hukuman dari EFL itu dengan lapang dada. Mereka juga meminta maaf kepada EFL plus MK Dons.

"Klub menerima keputusan (EFL) itu, hasilnya, dan juga hukuman yang diberikan EFL. Kami percaya itu dipertimbangkan dengan sangat benar dan kami tidak akan melakukan pengajuan keberatan lainnya."

"Meskipun ada beberapa faktor mitigasi, di luar kontrol atau yuridiksi kami, kami percaya hukuman itu layak (diterima). Kami meminta maaf kepada penyelenggara kompetisi dan juga kepada Milton Keynes Dons," tambah pernyataan dari Liverpool.

Breaking News Piala Liga Liverpool Mk dons Milton Keynes Dons
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.303

Bagikan