Sekilas tentang Piala Liga Inggris

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 25 Januari 2024
Sekilas tentang Piala Liga Inggris

BolaSkor.com - Liverpool dan Chelsea menjadi dua tim terbaik pada Piala Liga Inggris musim ini. Menurut rencana, duel Chelsea melawan Liverpool tersaji pada Minggu (25/2) di Stadion Wembley.

Piala FA telah lama menjadi kompetisi piala domestik yang dominan di Inggris. Sejarah dan keajaiban yang dihasilkannya telah mempertahankan relevansi piala ini di abad ke-21.

Sementara itu, sang adik belum menikmati perjalanan yang mulus. Bagi banyak orang, Piala Liga (sekarang disebut Piala Carabao) telah menjadi komponen yang tidak relevan dalam kalender sepak bola.

Baca Juga:

Jadwal Final Piala Liga Inggris Antara Chelsea Vs Liverpool

Chelsea Mengamuk, Bantai Middlesbrough dan Amankan Tiket Final Piala Liga

Dipecat AS Roma, Akumulasi Pesangon Jose Mourinho Mencapai Rp1,6 Triliun

Tim-tim besar biasanya menggunakan kompetisi ini untuk memberikan kesempatan kepada pemain-pemain muda. Sementara kisah-kisah mengecewakan dan menyenangkan yang merupakan bagian tak terpisahkan dari keajaiban Piala FA jauh lebih sulit didapat.

Piala Liga, telah mengalami kelonggaran dalam beberapa waktu terakhir, namun kompetisi ini siap untuk menjadi bagian dari kalender untuk jangka panjang.

Berikut hal-hal yang perlu diketahui tentang Piala Liga Inggris.

Kapan Piala Liga diadakan?

Merek minuman energi Thailand, Carabao, mulai mensponsori Piala Liga pada awal musim 2017/18, namun sejarah kompetisi ini sudah ada sejak lama.

Piala Liga Inggris diperkenalkan pada 1960 dalam upaya untuk meningkatkan jumlah penonton di seluruh lapangan. Kompetisi ini awalnya dirancang sebagai turnamen pertengahan pekan, namun kemudian berkembang menjadi sesuatu yang jauh lebih besar.

Piala ini pada awalnya dihindari oleh klub-klub besar di Inggris, namun menjanjikan tiket bermain di Piala UEFA dan final di Wembley, para pemain besar mulai menaruh perhatian.

Sejak 1972, tampil di Piala Liga telah diwajibkan bagi semua tim. Kompetisi ini memakai nama sponsor sejak 1985 dengan Carabao menjadi yang terbaru. Ada delapan sponsor hingga saat ini.


Format Piala Liga

Format kompetisi saat ini sederhana. Keseluruhan 92 tim anggota Football League masuk pada titik yang berbeda-beda, dengan tim-tim Premier League yang bersaing di Eropa bergabung di putaran ketiga. Klub Premier League lainnya memasuki putaran kedua.

Dengan demikian, 72 tim yang tersisa memulai perjalanan mereka ke Wembley dari babak pertama dan 32 tim akan tersisa saat tim besar memulai kiprah mereka.

Antara babak pertama dan kelima (perempat final), setiap pertandingan merupakan pertandingan satu leg dengan adu penalti menentukan pemenang jika pertandingan berakhir seri setelah 90 menit. Namun, semifinal ditentukan dalam dua leg kandang dan tandang.

Dua pemenang semifinal kemudian akan bertanding di final di Stadion Wembley.

Secara total, 23 Klub berbeda telah merasakan kejayaan di Piala Liga dalam 61 final yang dimainkan hingga saat ini, dengan Liverpool memimpin dengan sembilan kali juara.

Piala Liga Inggris Breaking News Piala Liga Chelsea Liverpool
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan