Sejarah Pemberian Nama Derby d'Italia pada Duel Inter Vs Juventus

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 02 Februari 2024
Sejarah Pemberian Nama Derby d'Italia pada Duel Inter Vs Juventus
Derby d'Italia (Twitter)

BolaSkor.com - Pertandingan Serie A akhir pekan ini akan mempertemukan sang pemuncak klasemen, Inter Milan, melawan Juventus. Pertandingan tersebut sering disebut sebagai derby d'Italia. Lantas, apa yang menjadi alasan pertandingan antara Inter melawan Juventus dijuluki derby d'Italia?

Derby d'Italia adalah nama yang diberikan jurnalis olaharaga Italia, Gianni Brera, pada 1967. Hal itu tak terlepas dari letak kedua klub di Italia Barat Laut.

Baca juga:

Nostalgia: Ketika Antonio Conte dan Arturo Vidal Jadi Judas di Derby d'Italia

Legenda Baru Inter Milan Itu Bernama Lautaro Martinez

7 Pemain Termahal Serie A pada 2024

Pertarungan antara Nerazzurri dengan Juve juga menyeret soal politik masuk ke dalamnya. Sebab, wilayah Piedmont dan Lombardy yang masing-masing mewakili Inter dan Juve dipimpin oleh orang yang berseberangan dalam hal pandangan politik.

Selain itu, pertandingan Inter melawan Bianconeri mendapatkan titel derby karena kedua klub dianggap sebagai yang terbaik di Italia. Persaingan keduanya juga panas di dalam dan luar lapangan. Apalagi kasus Calciopoli kian meningkatkan tensi hubungan kedua klub.

Beberapa kalangan sempat memandang label derby d'Italia sudah tidak layak disematkan pada laga Inter melawan Juve. Sebab, La Vecchia Signora telah terdegradasi ke Serie B. Menurut mereka, hal tersebut membuat Juve tidak lagi berstatus sebagai tim terbaik di Italia.

Kendati demikian, persaingan antara Juve kontra Inter tetap menarik disaksikan. Apalagi, kali ini kedua tim bersaing di papan atas klasemen sementara.

Inter yang bermain sebanyak 21 pertandingan memimpin klasemen setelah mengoleksi 54 poin. Sementara itu, Juventus ada di tangga kedua dengan 53 poin dari 22 laga.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Performa Inter dan Juventus juga sama bagusnya. Kedua tim sama-sama menuai empat kemenangan dan satu hasil imbang dalam lima pertandingan terakhir di Serie A.

Menarik ditunggu siapakah yang akan menjadi pemenang pada duel nanti. Menurut statistik, Inter adalah lawan yang paling sering dihadapi Juventus di Serie A. Catatan pertemuan kedua tim adalah 87 kemenangan untuk Juventus, 48 kemenangan untuk Inter, dan 46 laga berakhir imbang.

Derby d'Italia Inter Milan Juventus Serie a
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.532

Bagikan