Sederet Catatan Menarik dari Keberhasilan Manchester United Menjuarai Piala Liga

Arief HadiArief Hadi - Senin, 27 Februari 2023
Sederet Catatan Menarik dari Keberhasilan Manchester United Menjuarai Piala Liga
Gol Casemiro ke gawang Newcastle United (Twitter)

BolaSkor.com - Trofi pertama telah dipersembahkan Erik ten Hag untuk Manchester United di musim pertamanya melatih klub. Red Devils memenangkan laga final Piala Liga melawan Newcastle United di Wembley, Minggu (26/02) malam WIB.

Newcastle seyogyanya meladeni permainan Man United yang sedang dalam momentum bagus, tetapi dua gol di babak pertama dari Man United sudah cukup bagi mereka meruntuhkan semangat anak-anak asuh Eddie Howe.

Dua gol Man United dicetak oleh Casemiro (33') dan gol bunuh diri Sven Botman (39'). Di laga tersebut Man United memiliki 38 persen penguasaan bola dengan melepaskan 14 tendangan (sembilan tepat sasaran). Newcastle lebih dominan dengan 62 persen penguasaan bola tapi hanya bisa melepaskan dua tendangan tepat sasaran.

Baca Juga:

Final Piala Liga: Tidak Ada Parade Juara untuk Manchester United

Man United 2-0 Newcastle: Akhir Puasa Enam Tahun Gelar Red Devils

Nostalgia - Mengenang Kejayaan Terakhir Manchester United di Piala Liga

"Itu benar-benar semangat yang tepat, ada semangat yang sangat bagus dalam tim. Kami bertindak sebagai tim dan berjuang untuk segalanya. Kami mengalahkan mereka, itu tidak selalu sepak bola terbaik tapi saya pikir itu efektif," papar Ten Hag di laman resmi Man United.

"Apa yang Anda lihat adalah mereka terhubung dengan sangat baik satu sama lain - juga mereka saling menantang dan, pada saat-saat tertentu, mereka saling membantu ketika kesulitan. Senang melihatnya. Saya pikir itu yang terbaik yang bisa didapatkan dari seorang manajer."

Menilik keberhasilan Man United memenangi Piala Liga dan masih bertarung di tiga kompetisi lainnya: Piala FA, Liga Europa, dan Premier League, berikut sederet catatan menarik yang sudah dirangkum BolaSkor:

1. Casemiro dan Raphael Varane total sudah memenangi 14 trofi bersama (satu dengan Man United dan 13 sisanya dengan Real Madrid).

2. Aaron Wan-Bissaka telah melakukan lebih banyak tekel ketimbang pemain lainnya kontra Newcastle (tujuh kali), dan tidak sekali pun dilewati.

3. Pada 2017 Jose Mourinho memenangi Piala Liga dan jadi pelatih pertama Man United yang memenangi trofi di musim pertamanya. Ten Hag (pada 2023) menjadi pelatih kedua yang melakukannya.

4. David De Gea mencatatkan lebih banyak clean sheets untuk Man United ketimbang kiper lainnya dalam sejarah klub, melewati rekor Peter Schmeichel (180 clean sheets). De Gea melakukannya pada 522 penampilan dan 181 clean sheets.

5. Ten Hag pelatih pertama dari Belanda yang memenangi Piala Liga dan ia melakukannya di musim pertama pada sepak bola Inggris, mengakhiri penantian trofi Man United terpanjang (enam tahun) dalam kurun waktu 40 tahun.

6. Casemiro selalu jadi pemenang pada sembilan laga final besar: satu Piala Liga, satu Copa del Rey, tiga Piala Dunia Antarklub, dan empat Liga Champions.

7. Newcastle kalah di sembilan laga terakhir mereka di Wembley, catatan yang dimulai pada 1974 di final Piala FA - catatan terpanjang dalam sejarah Wembley.

Manchester United Piala Liga Piala Liga Inggris Newcastle Newcastle United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.405

Bagikan