SEA Games 2021: Hanya Raih Satu Emas, Pelatih Pencak Silat Pertanyakan Kinerja Juri

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 12 Mei 2022
SEA Games 2021: Hanya Raih Satu Emas, Pelatih Pencak Silat Pertanyakan Kinerja Juri
Pelatih kepala, Indro Catur Haryono. (BolaSkor.com/Taufik Hidayat)

BolaSkor.com - Tim Pencak Silat Indonesia hanya mampu meraih satu medali emas dari nomor seni atau tunggal-ganda-beregu (TGR) pada ajang SEA Games 2021. Hasil ini membuat kecewa sang pelatih kepala, Indro Catur Haryono.

Dalam laga final yang berlangsung di Bach Tu Liem Gymnasium, Rabu (11/5), Indonesia sebenarnya mengirimkan tiga wakil. Mereka adalah Puspa Arum Sari (tunggal putri), Riska Hermawan/Ririn Rinasih (ganda putri), dan Anggi Faisal/Asep Yuldan Sani/Nunu Nugraha (beregu putra).

Namun hanya pasangan Riska/Ririn yang sukses mempersembahkan medali emas. Mereka mengalahkan wakil Vietnam, Nguyen Thi Thu Ha/Nguyen Thi Huyen dengan perbandingan skor 9,955-9,925.

Sementara Puspa Arum Sari harus mengakui keunggulan Mary Francine Padios Cezar asal Filipina di nomor ganda putri. Begitu juga trio Anggi/Asep/Nunu yang gagal mengalahkan wakil Thailand.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Tim Dayung Tambah Medali Emas untuk Indonesia

SEA Games 2021: Ganda Putri Pencak Silat Sumbang Medali Emas

"Hasilnya kami syukuri meskipun tidak sesuai target karena kita menargetkan dua emas dari nomor TGR atau seni. Namun kami melihat dari penampilan pesilat kita tidak ada yang salah dan sudah tampil maksimal," kata Indro.

"Tunggal putri (Puspa Arum Sari) yang penampilannya jauh lebih baik dari Filipina tetapi justru lawan yang menang. Beregu putra yang harusnya bisa lebih baik dari Thailand juga hanya dapat perak."

Indro secara khusus memang menyoroti kinerja juri. Ia menganggap nilai yang diberikan kurang adil.

"Kinerja juri sangat mengecewakan jadi istilahnya subjektivitasnya masih tinggi. Kita lihatlah Puspa dengan Filipina penampilannya jauh tapi kenyataannya lain," tambahnya.

"Kami enggak bisa protes meski hasilnya kurang puas jadi harus diterima. Namun indonesia masih yang terbaik di nomor TGR."

Indonesia memang bisa dibilang menjadi juara uum di kategori seni. Enam medali emas dibagi rata, tetapi kontingen Merah Putih meraih perak yang lebih banyak yaitu dua buah.

Laporan Langsung Taufik Hidayat dari Vietnam

Pencak Silat SEA GAMES SEA Games 2021 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.053

Bagikan