Scott McTominay dan Sederet Super-sub yang Dimiliki Manchester United

Arief HadiArief Hadi - Senin, 12 Februari 2024
Scott McTominay dan Sederet Super-sub yang Dimiliki Manchester United
Scott McTominay (Twitter)

BolaSkor.com - Produk akademi Manchester United, Scott McTominay, menjadi anomali dalam skuad terkini Red Devils. Gelandang timnas Skotlandia dapat menjadi titik lemah tim saat menjadi starter, tetapi, di satu sisi dapat jadi penentu kemenangan.

Hal itu terlihat baru ini saat Man United menang dramatis 2-1 di markas Aston Villa, Villa Park, pada lanjutan laga Premier League. McTominay mencetak gol penentu kemenangan dan menurut data Sky Sports, tidak ada yang mencetak gol (empat gol) lebih banyak dari McTominay saat turun dari bangku cadangan alias super-sub.

McTominay, 27 tahun, telah mencetak total delapan gol dan memberikan dua assists dari 28 pertandingan Man United musim ini di seluruh kompetisi. Statusnya sebagai super-sub tidak diragukan lagi.

Baca Juga:

The Munich Air Disaster: Tragedi dan Solidaritas

5 Kandidat Ideal Direktur Olahraga untuk Manchester United

7 Mantan Manchester United yang Ternyata Bermain di Luar Eropa

“Saya merasa selama saya bugar dan sehat, saya bisa tampil di lapangan dan (mencoba) bermain bagus,," kata McTominay kepada Sky Sports.

"Saya tidak melihatnya secara personal (McTominay banyak dicadangkan Erik ten Hag), saya hanya ingin masuk dan mencoba melakukan yang terbaik yang saya bisa untuk ini. Semoga ini terus berlanjut."

Tak ayal itu melanjutkan catatan super-sub yang notabene sudah menjadi bagian sejarah, tradisi Man United. Selain McTominay ada nama-nama lainnya yang diingat baik sebagai super-sub.

1. Ole Gunnar Solskjaer

366 total penampilan dengan Man United, mencetak 126 gol dan 150 kali tampil dari bangku cadangan. Status super-sub Ole Gunnar Solskjaer tak perlu diragukan lagi selama 11 musim membela Man United.

Pada 2001-2002 Solskjaer mencetak 25 gol semusim, tetapi apa yang membuatnya sebagai legenda terjadi pada 1999, kala ia mencetak gol penentu kemenangan di final Liga Champions kontra Bayern Munchen, menyempurnakan musim treble Man United.

Solskjaer pensiun pada 2007 setelah dirundung banyak cedera dan memegang rekor gol terbanyak kala turun dari bangku cadangan, dengan catatan 28 gol.

2. Javier "Chicharito" Hernandez

Pada 2010 Man United memboyong Javier Hernandez dari Guadalajara. Lima tahun membela Man United, Chicarito sudah langsung mengingatkan fans akan sosok super-sub Solskjaer di masa lalu.

Bagaimana tidak, Chicharito selalu dapat diandalkan Sir Alex Ferguson ketika turun dari bangku cadangan untuk mencetak gol. Dalam kurun waktu tersebut, Chicharito 69 kali turun dari bangku cadangan, memiliki 154 total penampilan dan torehan 59 gol.

Chicharito membantu Man United memenangi dua trofi Premier League dan Community Shield. Ia sempat membela Real Madrid, Bayer Leverkusen, West Ham United, Sevilla, LA Galaxy, dan kini kembali ke Guadalajara pada usia 35 tahun.

3. Teddy Sheringham

Meninggalkan Tottenham Hotspur pada 1997 sebesar 3,5 juta poundsterling untuk memenangi trofi bersama Man United. Tidak mudah bagi Teddy Sheringham bermain, terlebih dengan bersinarnya duet Dwight Yorke dan Andy Cole.

Namun seperti Solskjaer, Sheringham juga diandalkan Ferguson dari bangku cadangan dan ia menjawabnya dengan gol. Kendati hanya mencetak gol pada musim treble 1998-1999, dua golnya tercipta di final.

Terutamanya di final Liga Champions, Sheringham mencetak gol penyama kedudukan kontra Bayern Munchen sebelum diakhiri dengan gol kemenangan Solskjaer. Misinya meraih titel di Man United tercapai.

4. Michael Owen

Produk akademi dan legenda Liverpool yang sukses meraih trofi di sana, kemudian berganti klub ke Real Madrid, Newcastle United, dan membuat fans Liverpool berang kala membela tim rival, Man United pada medio 2009-2012.

Bahkan, Owen diberi nomor punggung 7 pasca kepergian Cristiano Ronaldo. Owen hanya mencatatkan 52 penampilan, mencetak 17 gol, dan bermain dari bangku cadangan 34 kali.

Akan tapi, fans Man United tidak akan lupa golnya ketika Man United menang dramatis 4-3 atas Manchester City di Old Trafford. Owen pun mempersembahkan trofi Premier League, yang belum pernah dimenanginya.

5. Mark Robins

Sosok yang dikenal sebagai penyelamat karier Ferguson di Man United. Tanpa golnya, bisa jadi sejarah akan berbeda dan Ferguson tidak akan melatih Man United selama 26 tahun.

Gol-gol Robins, khususnya saat turun dari bangku cadangan, saat Man United meraih sukses di Piala FA 1990 menyelamatkan karier Ferguson, sebab di liga mereka finish di urutan 13 klasemen.

"Setiap hari menjelang pertandingan itu kami membaca surat kabar dan membaca bahwa manajer akan dipecat," kata mantan bek United Viv Anderson kepada Manchester Evening News.

Manchester United Trivia Sepak Bola Ole gunnar Solskjaer Javier Hernandez Scott McTominay
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.881

Bagikan