Satu Tahun Tragedi, Stadion Kanjuruhan Mulai Dipugar Menuju Standar Internasional

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 01 Oktober 2023
Satu Tahun Tragedi, Stadion Kanjuruhan Mulai Dipugar Menuju Standar Internasional
Suasana pemugaran Stadion Kanjuruhan. (BolaSkor.com/Bimaswara Dumugi)

BolaSkor.com - Stadion Kanjuruhan mulai masuk ke dalam tahap pemugaran bertepatan dengan peringatan satu tahun tragedi. Stadion yang terletak di Kepanjen, Kabupaten Malang ini nantinya akan dibenahi menuju venue dengan standar internasional.

Pengerjaan stadion ini pun sudah dimulai dua pekan lalu. Untuk tahap awal, perusahaan yang dipercaya mengerjakan pemugaran akan membongkar bagian luar dan sudah memasang pagar proyek mengelilingi area Stadion Kanjuruhan.

"Fokus pertama adalah pemasangan pagar. Kemudian membongkar bagian luar sambil menunggu material (bangunan) datang," tutur Humas Proyek Stadion Kanjuruhan, Sunaryo kepada awak pers.

Baca Juga:

Tragedi Kanjuruhan, Hutang Darah Kebangkitan Sepak Bola Indonesia

Hasil Liga 1: Dewa United FC Bermain Imbang Lawan Persebaya, PSIS dan Arema Raup Tiga Poin

Stadion Kanjuruhan
Suasana pemugaran Stadion Kanjuruhan. (BolaSkor.com/Bimaswara Dumugi)

Setelah meratakan bagian luar, pihak perusahaan baru akan melangkah ke tahap selanjutnya yakni membenahi bagian dalam stadion. Nantinya, semua fasilitas seperti lapangan, atap, tribun sampai lampu penerangan termasuk dalam pemugaran.

Dalam keterangan lain, proyek ini mengalokasikan dana mencapai Rp300 miliar dengan waktu pengerjaan selama 16 bulan. Hasil akhirnya, Stadion Kanjuruhan bakal menjadi venue berstandar internasional dengan tribun single seat berkapasitas sekitar 21 ribu penonton.

Seperti diketahui, Stadion Kanjuruhan sudah terbengkalai selama 11 bulan sejak tragedi terjadi pasca Derbi Jatim antara Arema FC lawan Persebaya Surabaya yang berakhir 2-3 pada Sabtu, 1 Oktober 2022 lalu. Dalam waktu itu pula, area dalam stadion tertutup untuk umum hingga menyebabkan lapangan dipenuhi rumput liar beserta sampah yang berserakan.

BolaSkor.com memantau kondisi Stadion Kanjuruhan pada Minggu (1/10). Tampak masyarakat sudah mulai berdatangan mengunjungi patung singa dan pintu 13 sekaligus melihat pemugaran venue yang jadi saksi saat Arema FC menjuarai Piala Presiden 2019 itu. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)

Arema FC Kanjuruhan Kanjuruhan Malang Stadion kanjuruhan Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.022

Bagikan