Sarung Tangan Emas Premier League 2021-2022: Duo Brasil Dominan

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 21 Desember 2021
Sarung Tangan Emas Premier League 2021-2022: Duo Brasil Dominan
Ederson dan Alisson (Twitter)

BolaSkor.com - Peran kiper pada era sepak bola modern mengalami transformasi. Tak lagi hanya menjalankan tugas utama dalam menjaga gawang agar tak kebobolan, memainkan bola dengan kemampuan mengoper dan membangun serangan dari lini belakang menjadi nilai plus.

Akan tapi nilai plus itu tidak menutupi fakta bahwa tugas utama mereka di setiap pertandingan adalah mencegah bola masuk ke dalam gawang. Segala hal jadi pertimbangan untuk menilai kualitas kiper dari refleks, duel satu lawan satu, kemampuan berkomunikasi dan lainnya.

Pertahanan yang baik dapat memenangi trofi untuk satu tim. Bagi kiper itu adalah catatan clean sheets yang bagus, namun pertahan kuat saja acapkali tidak menjamin tim memenangi trofi. Pun demikian di Premier League.

Baca Juga:

Varian Omicron Mengganas, 20 Klub Premier League Sepakat Tetap Lanjutkan Kompetisi

Antara Barcelona dan Ferran Torres Terpaut Jarak Rp162 Miliar

Turuti Guardiola, Manchester City Pilih Kane daripada Haaland

Ederson kala memenangi penghargaan Sarung Tangas Emas Premier League

Faktanya, hanya dua dari 10 pemenang Sarung Tangan Emas di Premier League yang memenangi titel liga di musim yang sama. Musim lalu kiper Manchester City, Ederson memenangi keduanya dengan catatan 19 clean sheets.

Lalu kiper pertama yang memenangi keduanya bersamaan di satu musim sebelum Ederson adalah Thibaut Courtois. Kiper yang saat ini bermain di Real Madrid memenanginya pada 2016-2017 dengan Chelsea dan mencatatkan 16 clean sheets.

Clean Sheets dan Jumlah Penyelamatan

Musim ini hingga artikel ini dibuat (21/12) persaingan perebutan Sarung Tangan Emas Premier League 2021-2022 tak kalah seru. Duo Brasil yang juga bersaing di timnas Brasil, Alisson dan Ederson ada dalam persaingan itu.

Ederson kembali jadi yang terdepan dari catatan clean sheets musim ini, dengan 10 clean sheets dari 17 laga Premier League. Itu membuatnya selangkah lebih dari Alisson yang punya sembilan clean sheets dengan Liverpool.

Alisson dan Ederson

Disusul di bawahnya ada Aaron Ramsdale (Arsenal - delapan clean sheets), Edouard Mendy (Chelsea - delapan clean sheets), dan Jose Sa (Wolves - tujuh clean sheets). Nama yang disebut terakhir tampil cukup impresif di musim pertamanya dengan Wolverhampton Wanderers.

Berbagai elemen dapat terjadi dari kategori clean sheets seperti pertahanan yang kuat atau di satu laga itu sang kiper sedang on fire. Jadi, clean sheet tak melulu terjadi karena kiper selalu melakukan penyelamatan.

Beda halnya dengan catatan penyelamatan terbanyak sejauh ini di Premier League musim 2021-2022. Di kategori ini bukan Ederson atau Alisson yang berada di lima besar. Urutan pertama ditempati kiper Leeds United Illan Meslier dengan 65 penyelamatan.

Di bawah Meslier ada Tim Krul (Norwich City - 58 penyelamatan), Jose Sa (Wolves - 57 penyelamatan), Kasper Schmeichel (Leicester - 56 penyelamatan), dan Lukasz Fabianski (West Ham United - 54 penyelamatan).

Berikut catatan lengkap penilik clean sheets dan penyelamatan terbanyak di Premier League 2021-2022 (per 21 Desember 2021):

Clean Sheets Terbanyak

1. Ederson: 10 clean sheets dari 1.530 menit bermain
2. Alisson: sembilan clean sheets dari 1.530 menit bermain
3. Aaron Ramsdale: delapan clean sheets dari 1.350 menit bermain
4. Edouard Mendy: delapan clean sheets dari 1.530 menit bermain
5. Jose Sa: tujuh clean sheets dari 1.620 menit bermain

Penyelamatan Terbanyak

1. Illan Meslier: 65 penyelamatan dari 1.620 menit bermain
2. Tim Krul: 58 penyelamatan dari 1.530 menit bermain
3. Jose Sa: 57 penyelamatan dari 1.620 menit bermain
4. Kasper Schmeichel: 56 penyelamatan dari 1.440 menit bermain
5. Lukasz Fabianski: 54 penyelamatan dari 1.530 menit bermain

Breaking News Premier League Alisson Becker Ederson
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.187

Bagikan