Sang Profesor, Mario Zagallo Meninggal Dunia pada Usia 92 Tahun

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 06 Januari 2024
Sang Profesor, Mario Zagallo Meninggal Dunia pada Usia 92 Tahun
Mario Zagallo (Twitter)

BolaSkor.com - Kabar duka datang dari sepak bola dunia. Legenda sepak bola asal Brasil, Mario Zagallo, meninggal dunia pada usia 92 tahun menyusul masalah pada kesehatan yang sudah dideritanya sejak tahun lalu.

Pada Agustus lalu, Zagallo dirawat di rumah sakit Rio de Janeiro karena adanya infeksi pada sistem saluran kemih. Kabar duka itu dikonfirmasi melalui Instagram resmi Zagallo.

"Dengan kesedihan yang luar biasa, kami memberi tahu Anda tentang meninggalnya juara dunia empat kali abadi kami Mario Jorge Lobo Zagallo," demikian pernyataan di akun Instagram resminya.

"Ayah yang berbakti, kakek yang penyayang, ayah mertua yang penuh perhatian, teman yang setia, profesional yang penuh kemenangan, dan manusia yang hebat. Idola raksasa. Seorang patriot yang meninggalkan warisan pencapaian besar bagi kita."

Baca Juga:

Piala Asia 2023 Qatar Dalam Angka

Skuad Timnas Indonesia Dalam Angka

Nostalgia Timnas Indonesia di Piala Asia 1996 - Gol Spektakuler Widodo dan Duel Shin Tae-yong Vs Bima Sakti

Dijuluki Sang Profesor oleh para pemainnya kala ia menjadi pelatih, Zagallo dikenal dengan pemahaman taktik luas dan juga sosok yang disegani di area teknik. Zagallo juga punya julukan lain yakni Velho Lobo yang juga memiliki arti Serigala Tua.

Zagallo legenda sepak bola Brasil, baik itu sebagai pemain atau pelatih. Dia ada dalam bagian sejarah Brasil kala dua kali beruntun juara Piala Dunia 1958 dan 1962, tampil di kedua laga final pada posisi penyerang sayap.

Zagallo juga melatih tim yang dikenang sebagai tim terhebat sepanjang masa termasuk di dalamnya Pele, Jairzinho, dan Carlos Alberto kala jadi juara pada 1970. Kejayaan terakhirnya di Piala Dunia ketika jadi asisten pelatih Carlos Alberto Parreira pada 1994.

Sebelum rekornya disamai Franz Beckenbauer dan Didier Deschamps, Zagallo pemegang rekor atau sosok pertama yang memenangi Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih.

"CBF dan sepak bola Brasil berduka atas meninggalnya salah satu legenda mereka," tutur pernyataan Federasi Sepak Bola Brasil (CBF).

"CBF menawarkan solidaritas kepada keluarga dan penggemarnya di saat kesedihan atas kepergian idola sepak bola kami ini."

Mario Zagallo Brasil Timnas Brasil Piala Dunia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.363

Bagikan