Salip Manchester City, Real Madrid Jadi Klub dengan Pendapatan Tertinggi di Dunia

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 25 Januari 2024
Salip Manchester City, Real Madrid Jadi Klub dengan Pendapatan Tertinggi di Dunia

BolaSkor.com - Real Madrid telah menyalip Manchester City dan menduduki puncak Deloitte Football Money League sebagai klub dengan pendapatan tertinggi di dunia pada musim 2022-23, dengan pendapatan komersial mengambil alih sebagai aliran pendapatan terbesar bagi tim.

Klub Spanyol tersebut menghasilkan total pendapatan sebesar 831 juta euro, diikuti oleh City (826 juta euro) dan Paris St Germain (802 juta euro).

Barcelona naik dari posisi ketujuh tahun lalu ke posisi keempat, menghasilkan 800 juta euro, sementara Manchester United merosot satu tingkat ke posisi kelima dengan menghasilkan 746 juta euro.

Baca Juga:

Kylian Mbappe Ditakdirkan Gabung Real Madrid

7 Pemain Top Eropa yang Kontraknya Habis pada Akhir Musim 2023-2024

Situasi Pelik Arda Guler di Real Madrid

Real mencatat peningkatan pendapatan sebesar 118 juta euro dibandingkan tahun sebelumnya, pertumbuhan sebesar 16 persen ini disebabkan oleh kinerja ritel yang kuat, kehadiran penonton di stadion yang lebih besar, dan pemulihan pendapatan sponsor.

Meskipun City kehilangan posisi teratas, yang telah mereka pegang selama dua tahun terakhir, klub melaporkan pendapatan tertinggi mereka dalam satu musim, berkat kesuksesan treble yang meningkatkan pendapatan siaran dan komersial mereka.

Pendapatan komersial merupakan aliran pendapatan terbesar di klub untuk pertama kalinya sejak 2015-16, tidak termasuk musim 2019-20 yang terkena dampak COVID-19, karena pendapatan siaran meningkat sebesar 5 persen.

“Tingginya permintaan terhadap siaran langsung olahraga menunjukkan pertumbuhan lebih lanjut pada pendapatan komersial,” kata Tim Bridge, mitra utama Grup Bisnis Olahraga Deloitte dikutip Reuters.

“Karena klub-klub tampaknya tidak lagi dapat mengandalkan pertumbuhan pendapatan siaran, menciptakan model bisnis yang lebih fokus secara komersial akan mendukung mereka untuk mencapai kontrol yang lebih besar terhadap stabilitas keuangan.”

Liverpool, yang merupakan klub dengan pergerakan terbesar pada edisi tahun lalu, naik dari peringkat ketujuh ke peringkat ketiga, melaporkan penurunan peringkat tahunan terbesar tahun ini ketika mereka kembali ke peringkat ketujuh. Liverpool menjadi satu dari tiga klub yang melaporkan penurunan pendapatan.

Atletico Madrid dan West Ham United adalah dua klub lainnya yang mengalami penurunan pendapatan, dan tim-tim Premier League kini menempati delapan dari 20 besar, turun dari 11 klub tahun lalu, dengan Leicester City, Leeds United dan Everton digantikan oleh Eintracht Frankfurt, Napoli dan Olympique Marseille.

Real Madrid Breaking News Manchester City
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.807

Bagikan