Rumor Aaron Evans Menguat, Persis Solo Ikuti Tren Gelandang Bertahan Asing?

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 01 Juni 2022
Rumor Aaron Evans Menguat, Persis Solo Ikuti Tren Gelandang Bertahan Asing?
Pelatih Persis Solo, Jacksen Tiago saat memberikan strategi pada pemain, didampingi sang asisten, Eko Purdjianto. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Persis Solo tinggal menunggu waktu untuk memperkenalkan pemain asal Australia, Aaron Evans. Mantan anak asuh Jacksen Tiago di Barito Putera ini akan membuat Laskar Sambernyawa mengikuti tren gelandang bertahan asing.

Persis Solo sudah hampir sebulan menggelar latihan. Namun, belum ada satu pun pemain asing yang diperkenalkan atau bergabung. Sejauh ini Persis Solo hanya lekat dengan deretan rumor pemain asing.

Namun, rumor itu tak sekadar asal-asalan. Rumor bergabungnya Aaron Evans tinggal menunggu waktu untuk diperkenalkan. Sumber Bolaskor.com menyebut, dari empat pemain asing, hanya Evans yang sudah dikenal di Indonesia.

Baca Juga:

Dewa United FC Boyong Kiper PSM Syaiful Syamsuddin

Jelang Beruji Coba Lawan Sabah FC, Pemain Persija Terus Digenjot dalam Latihan

"Aaron Evans ke Persis Solo. Klub-klub lain juga sudah tahu. Tinggal diperkenalkan Persis saja. Kalau yang lain belum pernah main di sini," kata sumber Bolaskor.com yang enggan disebutkan namanya.

Rumor ini selangkah lagi terbukti. Pelatih Persis Solo, Jacksen Tiago, memberi bocoran dari satu dari empat pemain asing pernah bermain di Indonesia.

Aaron Evans juga bukan orang asing bagi Jacksen. Ketika melatih Barito Putera musim 2017-2018, Evans merupakan pemain tak tergantikan di skuat inti pilihan Jacksen Tiago.

Pada Liga 1 2017, Evans bermain dalam 31 pertandingan dan tanpa pernah diganti saat pertandingan berjalan. Sementara pada Liga 1 2018, Evans bermain 32 kali dan hanya sekali ditarik keluar saat pertandingan berjalan.

"Yang pasti pemain asing ada di posisi lini belakang, tengah dan depan. Tetap tiga lini ini. Ada satu yang bermain di Indonesia dan tiga dari luar, wajah baru semua," jelas Jacksen.

Aaron Evans bisa bermain dalam dua posisi sekaligus, yakni bek tengah dan gelandang bertahan. Duetnya bersama Fabiano Beltrame saat Piala Menpora 2021 sukses membawa PSS tembus ke babak semifinal.

Sementara saat Liga 1 mulai, Fabiano pilih gabung Persis Solo dan Evans tetap di PSS. Selama berada di tim Elang Jawa, Evans banyak ditempatkan sebagai gelandang bertahan.

Jika hal sama diterapkan lagi, maka Persis Solo mengikuti tren gelandang bertahan asing. Mulai Brwa Nouri di Bali United, Renshi Yamaguchi di Arema FC, Lee Yoo-joon di Bhayangkara FC hingga Marc Klok di Persib Bandung dengan status naturalisasi. Empat tim ini sukses besar musim lalu.

"Biarkan pemain asing itu datang dulu, semua pertanyaan itu akan terjawab. Biarkan mereka tiba di sini, sehingga kita akan berbicara sesuatu yang pasti," tutur Jacksen.

"Saya sangat berpengalaman dalam level Liga Indonesia, sehingga apapun yang akan bicara tentang tren (gelandang bertahan), maupun apa yang terjadi dalam liga kemarin, sebagai pelatih sudah menjadi keharusan untuk saya memiliki data itu," pungkasnya. (Laporan kontributor Putra Wijaya)

Persis Solo Aaron Evans Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan