Roberto Mancini Usung Misi Kebangkitan Timnas Italia

Arief HadiArief Hadi - Senin, 21 Mei 2018
Roberto Mancini Usung Misi Kebangkitan Timnas Italia
Roberto Mancini ingin bangkitkan sepak bola Italia (Getty Images)

BolaSkor.com - Sepak bola Italia tengah memasuki periode kelam, menyusul kegagalan lolos Kualifikasi Piala Dunia untuk kali pertamanya sejak tahun 1958, di tahun 2017 silam. Gli Azzurri kalah agregat gol 0-1 dari Swedia saat Gian Piero Ventura tengah menangani tim.

Banyak teori yang muncul dari keterpurukan Italia tersebut. Salah satu teori utama itu adalah regenerasi skuat yang buruk, hingga Italia tidak lagi menghasilkan talenta-talenta seperti Alessandro Nesta, Alessandro Del Piero, Gianluigi Buffon, Francesco Totti, Fabio Cannavaro, dan Daniele De Rossi.

Perombakkan dimulai dari pemecatan Ventura, yang dilanjutkan pergantian Presiden FIGC (Federasi Sepakbola Italia), hingga menunjuk Roberto Mancini sebagai pelatih baru. Kehadiran Mancini diharapkan dapat membangkitkan kejayaan sepak bola negeri yang telah memenangi empat titel Piala Dunia dan satu Euro.

Mantan pelatih Inter Milan dan Manchester City itu juga memiliki visi yang sama. Mancini mengusung misi kebangkitan sepak bola Italia.

"Saya pikir Italia masih superpower sepak bola, karena kami punya 50 juta pelatih. Secara garis besar, saya selalu sangat positif, bahkan jika orang berkata Italia tak lagi memiliki banyak talenta. Kami mungkin punya terlalu banyak talenta ketika memenangi Piala Dunia, tapi sekarang, kami hanya perlu memberi pemain waktu berkembang dan tumbuh, tetap pegang kepercayaan utnuk masa depan yang bagus," tutur Mancini di Football Italia, Senin (21/05).

"Saya pikir kami bisa menemukan jalan yang tepat untuk timnas. Filosofi sepak bola kami membawa kami memenangi empat Piala Dunia dan kalah di tiga final. Mungkin, kami melakukannya lebih baik dari Brasil dengan segala pertimbangan, karena kami lebih banyak bermain di laga final, meski jika kami tidak pernah bisa bermain seperti mereka, atau Spanyol dalam beberapa tahun belakangan ini."

"Dari kekecewaan besar, kami bisa melihat momentum besar untuk bangkit. Di momen-momen sulitlah Italia menemukan kebanggaan mereka dan para pemain yang ada harus membawa kami kembali ke puncak dunia, tempat di mana kami seharusnya berada. Saya menginginkan kebangkitan Italia," tegas Mancini.

Bagaimana kiprah perdana Mancini dalam melatih Italia dapat dilihat dalam tiga laga uji coba ke depan, melawan Saudi Arabia (28 Mei 2018), Prancis (1 Juni 2018), dan Belanda (4 Juni 2018).

Breaking News Piala Dunia Timnas Italia FIGC Roberto Mancini
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.272

Bagikan