Resmi, Honda Tunjuk Lecuona Gantikan Rins di MotoGP Inggris

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 26 Juli 2023
Resmi, Honda Tunjuk Lecuona Gantikan Rins di MotoGP Inggris
Iker Lecuona (twitter)


BolaSkor.com – Honda akhirnya menjawab siapa yang akan menggantikan Alex Rins di MotoGP Inggris, 6 Agustus mendatang. Tim berlambang sayap mengepak itu akhirnya memilih Iker Lecuona.

Perlu diketahui sebelumnya, Rins terpaksa undur diri dari balapan pembuka paruh kedua musim 2023 tersebut. Mantan pembalap Suzuki ini tidak diperbolehkan turun karena masih menjalani masa pemulihan akibat cedera tulang fibula dan tibia.
Alhasil muncul dua nama yang diprediksi akan menggantikan Rins. Pertama Stefan Bradl dan kedua adalah Iker Lecuona.

Melihat situasi yang ada, publik menduga Honda akan mempergunakan jasa Stefan Bradl. Pasalnya Lecuona terhalang jadwal lain di waktu yang bersamaan, yakni Kejuaraan Suzuka 8 Hours.

Namun siapa sangka, Honda memutuskan untuk memanggil Lecuona. Rider berusia 23 tahun ini secara resmi akan menemani Takaaki Nakagami di MotoGP Inggris nanti.

“Saya berharap Rins dapat cepat sembuh. Saya tahu bagaiman sulitnya situasi dia. Di sisi lain, saya senang bisa mengendarai motor sebagaimana saya akan melakukan yang terbaik untuk menolong tim Honda,” kata Lecuona, dikutip dari crash.net.

“Di samping itu, saya suka layout Silverstone, dan kita bisa bersenang-senang. Saya ingin berterimakasih kepada keluarga Honda dan LCR atas kesempatan ini,” tambahnya.

Sebagai informasi, ini bukanlah pertama kalinya Lecuona turun dalam kejuaraan balap motor kasta tertinggi. Sebelumnya rider asal Spanyol ini sempat membela KTM di musim 2019.

Namun pada akhir 2021, Lecuona didepak oleh KTM. Usai kehilangan kursinya, Lecuona memutuskan bergabung bersama Honda di WSBK.

Selama berkarier di WSBK, Lecuona sempat beberapa kali ditunjuk Honda untuk menggantikan pembalapnya yang berhalangan hadir akibat cedera. Salah satunya saat Marquez absen di MotoGP Spanyol, 30 April silam.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Alex Rins Iker lecuona
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan