Resep di Balik Sukses Aleix Espargaro di Silverstone

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 07 Agustus 2023
Resep di Balik Sukses Aleix Espargaro di Silverstone
Aleix Espargaro (twitter/AleixEspargaro)


BolaSkor.com – Aleix Espargaro berhasil mengawali paruh kedua musim 2023 dengan hasil luar biasa. Pembalap Aprilia itu mampu merebut podium kemenangan pada MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (6/8).

Keberhasilan ini terasa semakin dramatis karena diperoleh dengan upaya keras. Pasalnya Espargaro harus memulai balapan dari posisi ke-12.

“Saya sangat senang bisa kembali ke puncak. Mungkin pada awal musim ini, ekspektasi saya dan tim terlalu tinggi,” tutur pembalap asal Spanyol ini.

Terkait hal ini, Espargaro menceritakan rahasia di balik kesuksesannya merebut kemenangan. Hal ini tidak terlepas dari keberhasilannya memanfaatkan kesempatan yang ada saat Francesco Bagnaia mengalami kesulitan akibat kehilangan banyak traksi.

“Rencana saya sebenarnya menyalip Bagnaia di tikungan ketiga, tetapi saat di tikungan kedua, ketika bersiap untuk menyalip, saya mengalami highside dan kehilangan cengkeram terhadap permukaan lintasan,” kata Espargaro.

“Lalu saya mencoba memulihkan jarak dan ditikungan terakhir di sirkuit ini, saya melihat Pecco kehilangan banyak traksi dibandingkan saya,” lanjutnya.

Tidak mau menyia-nyiakan kesempatan yang ada, Espargaro lantas langsung tancap gas. Tepat di lap terakhir, saudara dari Pol Espargaro ini akhirnya berhasil menyalip ujung tombak Ducati tersebut.

“Saya mendapatkan banyak waktu di sana dan tahu selanjutnya dia akan mengalami banyak kesulitan. Saya lalu melakukan pengereman lebih lambat, mengarah ke sisi luar dan berakselerasi lebih cepat,” ungkap pembalap berumur 34 tahun ini.

Berkat kemenangan ini, peringkat Espargaro di klasemen sementara meningkat drastis. Tercatat saat ini rekan satu tim Maverick Vinales ini menduduki posisi keenam, dari yang sebelumnya berada di posisi kedelapan.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Aleix Espargaro
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan