Refleksi Perbasi DKI Jakarta 2023: Transparansi dan Kolaborasi Berjalan Mulus, Siap Sambut 2024 dengan Modernisasi

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 31 Desember 2023
Refleksi Perbasi DKI Jakarta 2023: Transparansi dan Kolaborasi Berjalan Mulus, Siap Sambut 2024 dengan Modernisasi
Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta, Lexyndo Hakim. (Dokumen Perbasi DKI Jakarta)

BolaSkor.com - Program kerja Perbasi DKI Jakarta sepanjang tahun 2023 di bawah komando Ketua Umum Lexyndo Hakim berjalan mulus. Insan basket di Ibu Kota pun bisa menatap 2024 dengan penuh rasa optimis.

Mengusung transparansi, modernisasi, kolaborasi, digitalisasi, dan sinergi sejak awal terpilih untuk periode kepemimpinan Perbasi DKI Jakarta 2022-2026, langkah jitu itu berjalan apik musim ini.

Perjalanan basket DKI Jakarta diawali keikutsertaan di Kejurnas U-15 2023 pada 7-15 Januari 2023. Tim putri ibu kota sukses meraup medali emas, sedangkan tim putra finis sebagai runner-up.

Kala itu, Lexyndo mengapresiasi atletnya yang sudah berjuang keras membawa nama harum DKI Jakarta. Dengan waktu persiapan yang sangat terbatas, para atlet bisa memberikan penampilan maksimal.

Kesuksesan Perbasi DKI Jakarta di bawah pimpinan Lexyndo Hakim pun tak dibangun secara instan. Lexyndo membangun jaringan yang baik sehingga sukses menciptakan kolaborasi apik dengan berbagai pihak.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kerja keras seluruh atlet-atlet putra dan putri DKI Jakarta dalam berjuang meraih prestasi pada Kejurnas. Saya pastikan kami Perbasi DKI Jakarta terus mendukung dengan sebaik-baiknya," kata Lexyndo Hakim.

"Pada prinsipnya kami berusaha mendukung proses pembinaan atlet-atlet basket DKI Jakarta agar bisa mendapatkan hak dan pelayanan yang baik, khususnya dalam rangka meningkatkan kualitas individual," tutur Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta masa bakti 2022-2026 itu menambahkan.

Bicara prestasi lain, Jakarta kembali mengukir prestasi di nomor 3X3 pada November-Desember 2023. Pada Kejurnas 3X3 di Makassar, DKI Jakarta keluar sebagai juara umum setelah memborong medali dari semua kategori kelompok umur yang dipertandingkan baik di kategori putra maupun putri.

Rinciannya, DKI Jakarta mengemas medali emas dan perunggu di kategori KU-16 putra. Sementara tim putri meraih medali emas.

Prestasi apik pun ditorehkan di KU-18. Di kelompok usia itu, DKI Jakarta mengantongi medali emas di tim putra dan medali perak untuk tim putri. Terakhir, di kategori KU-22, DKI Jakarta membawa pulang medali perunggu untuk tim putra dan putri.

Dua bulan sebelumnya, tim basket putra dan putri DKI Jakarta juga mampu mengawinkan medali emas dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2023 di Palembang. Prestasi ini tentu buah dari kerja keras seluruh atlet di bawah naungan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta.

DKI Jakarta bahkan keluar sebagai juara umum dalam Popnas tersebut. Itu merupakan ajang olahraga terbesar untuk Pelajar di Indonesia.

Prestasi tak cuma soal medali. Tim DKI Jakarta putra dan putri 3X3 lolos ke PON 2024 Aceh-Sumut, pun demikian dengan tim 5X5 putra dan putri.

Prestasi hanya salah satu bagian yang bisa dinikmati dari kesuksesan program-program Perbasi DKI Jakarta. Keterbukaan informasi, transparansi menjadi salah satu faktor basket di Jakarta semakin mendapat antusias yang sangat luar biasa di Masyarakat. Terlepas dari itu, banyak penyelenggaraan di ibu kota yang juga sukses berkat dukungan Perbasi DKI Jakarta.

Misalnya, saat turnamen terbesar tingkat SMA se-Indonesia, DBL, pada akhirnya melirik Jakarta sebagai salah satu kota penting dalam pergelaran tersebut. Untuk kali pertama DBL Camp menginjakkan kaki di ibu kota setelah sebelumnya selalu dihelat di Surabaya.

Jakarta kian menjadi daya tarik setelah partai final DBL 2023 Jakarta Series berlangsung meriah menggunakan hall basket terbesar, Indonesia Arena, pada 17 November 2023. Indonesia Arena pun menjadi salah satu venue dari ajang bola basket terakbar, FIBA World Cup 2023, yang berlangsung pada 25 Agustus-10 September 2023.

Lexyndo mengatakan, Perbasi DKI Jakarta selalu memberi dukungan bahkan mensosialisasikan FIBA World Cup 2023 meski Timnas Indonesia tak terlibat dalam turnamen.

"Trofi FIBA World Cup 2023 sudah ada di sini. Lalu tim-tim peserta segera hadir. Saat ini mungkin Indonesia hanya sebagai penonton, tapi mudah-mudahan dengan ketekunan patriot basket kita, juga dengan dukungan pemerintah, federasi, dan Masyarakat, insyaallah Piala Dunia Basket akan kembali lagi ke Indonesia.”

“Jadi, bukan mustahil juga, harapan kita nanti jika kembali lagi semoga Timnas Indonesia bisa menjadi bagian FIBA World Cup pada masa depan,” tutur Lexy saat itu.

Pada tingkat regional, Perbasi DKI Jakarta sukses menggelar Kejuaraan Provinsi yang melibatkan semua kelompok umur pembinaan, yaitu KU 10 mix, KU 12, KU 14, KU 16, serta KU 18 putra dan putri. Kejuprov merupakan turnamen tertinggi setelah klub-klub bersaing di level kota/kabupaten atau Kejurkot/Kejurkab yang juga berhasil terlaksana dengan baik tahun ini.

Rangkaian perbaikan basket ibu kota juga mewarnai perjalanan Perbasi DKI Jakarta sepanjang 2023. Tak hanya fokus pembinaan dan sinergi dengan stakeholder, Perbasi DKI Jakarta juga menaruh perhatian kepada wasit dan pelatih.

Penataran dan penyegaran wasit dilakukan pada 2023. Tak hanya itu, para pengadil juga dibekali penerapan FIBA Rules terbaru. Hal itu guna menciptakan atmosfer kompetisi tingkat Jakarta lebih baik dengan dipimpin pengadil lapangan yang juga meningkat secara kualitas.

Selain wasit, pelatih berlisensi C juga mendapat penataran. Tujuannya jelas agar pembinaan di level klub juga ikut naik kelas dengan kehadiran pelatih-pelatih berkualitas.

Seperti tahun sebelumnya, Perbasi DKI Jakarta kerap melakukan terobosan. Tak hanya bicara pembinaan, sinergi, kompetisi lokal, serta peningkatan kualitas wasit dan pelatih, basket Jakarta juga fokus ke persoalan modernisasi dan digitalisasi.

Secara bertahap, Perbasi DKI Jakarta membenahi keadministrasian organisasi anggota (klub). Tim ad hoc bahkan dibentuk demi menyempurnakan AD/ART Perbasi DKI Jakarta agar sesuai perkembangan zaman.

Pembenahan itu membuat klub-klub anggota se-Jakarta akan ikut terangkat dan bisa mengelola sendiri secara profesional.

Refleksi perjalanan basket Jakarta tahun 2023 memberikan gambaran bagaimana transparansi, kolaborasi, modernisasi, sinergi, dan digitalisasi berjalan sesuai jalur. Perbasi DKI Jakarta selalu menyambut dengan tangan terbuka demi kemajuan basket Indonesia secara umum.

"Setahun sudah berlalu. Setahap demi setahap kami melakukan transparansi, modernisasi dan digitalisasi dari segi turnamen di tingkat Jakarta, pembinaan, bahkan sampai pengelolaan klub agar lebih baik. Kalau semua serbadigital dan keadministrasian anggota sudah rapi, tentu ke depan tata kelola basket di Jakarta ikut meningkat," ujar Lexyndo.

Lexyndo juga memastikan bahwa peningkatan kualitas wasit dan pelatih turut menjadi perhatian Perbasi DKI Jakarta. Menurutnya, jika kedua elemen itu dapat ditingkatkan, maka akan membawa dampak positif untuk perkembangan pembinaan klub-klub.

"Efeknya juga bisa meluas, turnamen tingkat kota atau kabupaten meningkat, bahkan kalau sudah tingkat provinsi atau Kejurprov atmosfer turnamen lebih berkualitas. Meningkatnya turnamen-turnamen tingkat regional Jakarta ini membuat kita bisa berbicara banyak di level nasional, seperti PON, Popnas, Pomnas, atau Kejurnas yang diadakan PP Perbasi."

"Secara lebih jauh, DKI Jakarta berkontribusi terhadap perkembangan basket Indonesia karena makin banyak pemain-pemain kita yang bisa mentas untuk membela tim nasional kelompok umur," tutur Lexyndo yang juga menjabat sebagai Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja.

Perjalanan setahun terakhir menjadi pembelajaran berharga bagi Perbasi DKI Jakarta. Program-program yang berjalan baik bakal dilanjutkan bahkan ditingkatkan menatap 2024. Agenda-agenda besar menanti, seperti PON 2024 Aceh-Sumut. DKI Jakarta tentu punya target emas untuk semua kategori, yaitu 5X5 putra dan putri serta 3X3 putra dan putri.

"Belum sempurna, masih jauh dari harapan yang dinanti oleh anak Basket Jakarta, namun nawaitu kami untuk terus menyempurnakan keadministrasian Perbasi se-DKI Jakarta dapat berjalan dengan baik, dan kami harus berterimakasih kepada seluruh Ketua Umum Perbasi se-DKI Jakarta, baik Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat dan Kepulauan Seribu, karena kolaborasi dan kebersamaan adalah kunci sukses Jakarta untuk Indonesia," ucapnya.

Lexyndo optimistis 2024 akan menjadi tahun yang hebat karena selama dua tahun kepengurusannya, berbagai program yang dicanangkan dapat tereksekusi dengan baik.

"Kita seriusi, ada tantangan, kita atasi dengan memberikan penjelasan, edukasi yang baik kepada para stakeholders basket di Jakarta," ujar Lexyndo.

Lexyndo kemudian mendorong adanya konsistensi terkait peraturan. Ia tidak mau lagi ada aturan yang berubah-ubah.

"Misalnya tiba-tiba Kejurnas antarklub, tetiba Kejurnas antar provinsi atau daerah, tetiba u15, tetiba u17, di sisi lain kami selenggarakan Kejurkot/kab dan Kejurprovnya u14 u16 u18 (usia genap). Kejelasan Kejurnas misalnya, yang putra, bagaimana, yang putri juga bagaimana, jangan tidak ada informasi, saya rasa ini mudah untuk dikordinasikan, dan dibicarakan," tegasnya.

Namun daripada itu, Lexyndo akan taat pada konstitusi, dan akan selalu memaksimalkan persiapan-persiapan tim Bolabasket DKI Jakarta untuk berpartisipasi aktif dan mengambil peran di ajang tingakt Nasional.

"Kami ikhlas membantu basket di Jakarta untuk lebih baik, lebih rapih, berprestasi, dan tentu paling penting adalah kami siap berkawan, pun menjadi teman cerita semua rekan-rekan Perbasi se-Indonesia, dan mohon Perbasi nasional juga ikut mengambil peran terhadap nawaitu kepengurusan Perbasi DKI Jakarta yang baik ini."

"Selamat Tahun Baru 2024, selamat menikmati kebahagiaan bersama keluarga tercinta dan orang-orang terdekat, untuk kemudian beraktivitas dan bermain basket kembali," pungkasnya.

Perbasi Perbasi DKI Jakarta Basket Bola basket Lexyndo Hakim Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.044

Bagikan