Rasialisme Semakin Parah, Presiden FIFA Minta Italia Tiru Aturan Tegas di Inggris

Arief HadiArief Hadi - Senin, 23 September 2019
Rasialisme Semakin Parah, Presiden FIFA Minta Italia Tiru Aturan Tegas di Inggris
Gianni Infantino (Zimbio)

BolaSkor.com - Presiden FIFA, Gianni Infantino, meminta kepada FIGC, Federasi Sepak Bola Italia, untuk memberlakukan aturan seperti FA, Federasi Sepak Bola Inggris, di Inggris dalam menindak tegas pelaku rasialisme.

Seperti diketahui, isu rasialisme semakin parah di Italia dan sudah terjadi sejak musim lalu. Moise Kean, eks Juventus, menjadi korban rasial musim lalu di markas Cagliari bersama dengan rekan setimnya, Blaise Matuidi.

Tidak membaik, musim ini giliran striker Inter Milan, Romelu Lukaku, yang menjadi korban rasial kala bertanding melawan Cagliari. Teranyar, bek Fiorentina, Dalbert, menjadi korban rasial kontra Atalanta hingga laga sempat ditunda.

Baca Juga:

Ingin Lindungi Temannya, Lukaku Minta FA Tiru FIGC soal Penanganan Aksi Rasial

Tulis Surat Terbuka untuk Lukaku, Ultras Inter Milan: Pendukung Cagliari Tidak Rasialis

Sang Anak Dapat Perlakuan Rasial, Ibu Pemain Muda Chelsea Menitiskan Air Mata

Romelu Lukaku jadi korban rasial di markas Cagliari

Infantino turut memerhatikan situasi di Italia. Mereka meminta semua pihak memerangi rasialisme sekaligus memberi pesan kepada Italia, untuk segera memberlakukan aturan khusus seperti di Inggris agar para pelaku rasialisme tak bisa masuk ke dalam stadion.

"Rasialisme dalam kemasyarakatan atau dalam sepak bola tak boleh ada. Di Italia, situasinya tidak membaik," ucap Infantino, dikutip dari BBC Sport.

"Rasialisme dilawan dengan edukasi, diskusi, dan kritikan. Anda harus mengetahui mereka yang bertanggung jawab dan melempar mereka keluar dari stadion," tambahnya.

Di Inggris, apabila pihak keamanan menemukan adanya suporter yang rasial maka mereka akan dihukum dengan larangan seumur hidup masuk ke dalam stadion.

"Anda butuh, seperti halnya di Inggris, hukuman yang tegas. Anda tak bola takut mengutuk rasial, kita semua harus memerangi mereka hingga mereka berhenti," tegas Infantino.

Breaking News Premier League Serie a Aksi rasialisme
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.195

Bagikan