Ramai Klub Indonesia Bangun Training Ground, Bek Bali United Beri Apresiasi

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 16 Juli 2021
Ramai Klub Indonesia Bangun Training Ground, Bek Bali United Beri Apresiasi
Leonard Tupamahu. (Bali United)

BolaSkor.com - Bek Bali United, Leonard Tupamahu memberi apresiasi atas pergerakan klub Indonesia membangun pusat latihan. Fasilitas ini diyakini akan berdampak positif pada para pesepakbola Tanah Air.

PSG Pati menjadi klub yang gencar membangun fasilitas. Sebelum sahamnya turut dibeli artis Atta Halilintar, PSG yang dikomandoi Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin, membangun pusat latihan mewah.

Jejak PSG diikuti klub-klub Tanah Air. Bali United dalam tahap pembangunan pusat latihan mewah di kawasan Pantai Purnama, Gianyar. Begitu pula dengan klub Liga 2, Dewa United yang membangun pusat olahraga di Banten.

Baca Juga:

Jawab Rumor, Pelatih PSM: Boaz Solossa Striker Terbaik di Indonesia

WN Jepang Diimbau Pulang dari Indonesia, Winger Persebaya Taisei Marukawa Bersuara

Arema FC, Persis Solo hingga Rans Cilegon FC akan mengikuti jejak PSG. Pergerakan ini menjadi sebuah kemajuan setelah selama ini klub Tanah Air bergantung pada lapangan milik pemerintah.

Leonard Tupamahu mengapresiasi langkah klub profesional membangun pusat latihan. Menurutnya, fasilitas menjadi faktor penunjang sebuah tim tampil bagus dalam pertandingan.

"Fasilitas sangat berpengaruh sekali untuk meningkatkan performa pemain di lapangan, karena secara mental pemain pasti lebih menikmati latihan ketika fasilitas klub sangat menunjang," ucap Leonard, Jumat (16/7).

"Saya pikir ini kemajuan yang sangat luar biasa kalau setiap tim di Indonesia punya keseriusan untuk bangun atau memiliki fasilitas sendiri. Semoga semua tim di indonesia pelan-pelan bisa punya dan semakin berkembang," lanjut Leonard.

Eks Persija ini berharap pergerakan klub membangun fasilitas akan berdampak positif bagi para pemain. Dengan begitu, klub Indonesia bisa bersaing ketat ketika tampil di Asia.

"Untuk klub sendiri, saya pikir ini bisa menjadi investasi atau nilai jual klub," tutur Leonard.

Saat ini, Bali United belum bisa menggunakan fasilitas di Pantai Purnama. Namun, Serdadu Tridatu bisa segera menikmati Lapangan Trisakti yang renovasinya hampir rampung.

Leonard sempat meninjau lapangan ini pada Kamis (15/7) malam. Dari pandangan singkatnya, Leonard menilai lapangan yang kerap digunakan Bali United berlatih ini sudah sangat berbeda.

"Kalau lihat kondisi sekarang sudah hampir jadi. Rumputnya bagus, lampunya juga terang banget. Tinggal samping-samping aja sepertinya sama ruang ganti. Untuk lapangan indah banget," papar Leonard. (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)

Leonard Tupamahu Bali United
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan