Quartararo Belum Puas dengan Performa Motor Yamaha

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 06 Januari 2024
Quartararo Belum Puas dengan Performa Motor Yamaha
Fabio Quartararo (twitter/fabioq20)

BolaSkor.com – Upgrade yang dilakukan Yamaha saat tes Valencia September lalu belum bisa membuat Fabio Quartararo puas. Pembalap asal Prancis itu menilai Yamaha masih perlu melakukan pengembangan lagi agar bisa bisa berbicara banyak di 2024.

Pada tes Valencia yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Yamaha sempat menguji beberapa komponen baru. Salah satu yang menjadi sorotan adalah paket aero berbahan material karbon.

Berdasarkan pengakuan Quartararo, komponen terbaru ini berhasil meningkatkan sedikit performa motor Yamaha YZR-M1. Kini masalah wheelie pada motor tersebut mulai berkurang. Namun di sisi lain, hal ini turut menimbulkan dampak negatif karena keseimbangan motor menjadi terganggu.

“Saya pikir kita berhasil membuat langkah positif di sektor aero, tetapi ini mengubah sedikit keseimbangan motor dan kita tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan penyettingan pada motor,” kata Quartararo.

“Sekarang kita juga menggunakan aero dengan karbon fiber yang layak, karena sayap sebelumnya sangat berat dan bukan berbahan karbon karena hanya prototype yang di print. Namun saya pikir masih ada detail kecil yang harus diubah,” tambahnya.

Quartararo melanjutkan, untuk mengatasi masalah ini, Yamaha hanya perlu melakukan settingan yang pas. Hanya saja hal tersebut dirasa masih kurang karena tidak bisa mendongkrak performa Yamaha secara signifikan.

Menurut peraih gelar juara musim 2021 ini, Yamaha juga perlu melakukan peningkatan di area lainnya. Karena untuk bisa mengejar ketertinggalan, tim berlambang garpu tala ini tidak bisa hanya mengandalkan komponen aero.

“Tentu saja saya berekspetasi lebih karena meskipun kita banyak melakukan settingan, kita masih sangat jauh dari para pembalap top (saat ini),” jelas Quartararo.

Namun Quartararo percaya Yamaha dapat mengatasi masalah tersebut. Dia yakin pabrikan yang bermarkas di Iwata, Jepang ini dapat menciptakan motor yang lebih kompetitif.

Terlebih masih ada kesempatan untuk melakukan uji coba di tes Sepang bulan Februari nanti. Di sana Yamaha bisa dengan bebas menguji seluruh konponen barunya.

“Dengan adanya shakedown dan tes resmi, kita akan bertahan selama 10 hari di Malaysia. Jadi saya pikir kita memiliki banyak waktu untuk mencoba segalanya,” ungkap pembalap berumur 24 tahun ini.

“Sebagai pembalap, saya ingin bersaing meraih kemenangan dan jika saya harus menjalani tes tambahan untuk meningkatkan performa, saya dengan senang hati akan melakukannya. Namun kita harus berupaya dan bekerja ektra keras dengan gagasan alam yang kita butuhkan untuk bangkit kembali,” tandasnya.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Fabio Quartararo Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan