Quartararo Apresiasi Pengembangan Sistem Komunikasi Dorna

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 08 Mei 2023
Quartararo Apresiasi Pengembangan Sistem Komunikasi Dorna
Fabio Quartararo (twitter/YamahaMotoGP)

BolaSkor.com – Pengembangan sistem komunikasi yang dilakukan oleh Dorna mendapat pujian tinggi dari Fabio Quartararo. Pembalap Monster Energy Yamaha ini merasa senang karena sistem tersebut dapat membantunya mengetahui kondisi lintasan saat balapan.

Pada tes Jerez, pekan lalu, Quartararo bersama para pembalap MotoGP lain diberikan kesempatan untuk menguji sistem komunikasi baru menggunakan radio. Melalui sistem ini race control dapat memberitahukan para pembalap mengenai kondisi lintasan saat terjadinya situasi darurat.

Pada dasarnya sistem ini mengadopsi teknologi radio di Formula 1. Namun teknologi yang di pakai pada MotoGP tidak serumit di Formula 1. Artinya tidak bisa dipakai untuk menjalankan strategi atau team order, hanya pesan pemberitahuan.

“Uji coba selama tiga lap. Pada poin tertentu saya mendengar bendera merah, bendera merah, bendera merah!” ungkap pembalap berjuluk El Diablo ini, dikutip dari tuttomotoriweb.it.

Namun Quartararo mengaku masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Pasalnya dia belum terbiasa balapan sembari mendengar suara orang langsung di telinganya.

“Ini tidak mudah, karena ketika kamu berkendara dan mendengar sesuatu, terasa sangat aneh. Namun untuk alasan keamanan masih bisa ditoleransi. Khususnya saat bendera merah berkibar atau serpihan motor di tengah lintasan akibat kecelakaan. Saya pikir ini sangat berguna,” kata Quartararo.

Tidak hanya itu saja, Quartararo turut menyinggung efisiensi dalam pemasangan teknologi ini. Menurut El Diablo, pemasangan teknologi baru ini masih terbilang rumit. Kendati demikian Quartararo masih mentolelir kelemahan tersebut.

“Saya harus memakai headphone dan ikat kepala untuk menjaganya agar tetap stabil. Ini memang masih prototipe, jadi bisa dibilang bejalan cukup baik,” tutup peraih gelar juara dunia musim 2021 ini.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Fabio Quartararo
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.218

Bagikan