Piala Asia 2023

Qatar Borong Penghargaan di Piala Asia 2023: Juara, Top Skor, sampai Pemain Terbaik

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 11 Februari 2024
Qatar Borong Penghargaan di Piala Asia 2023: Juara, Top Skor, sampai Pemain Terbaik
Selebrasi pemain Qatar merayakan gol ke gawang Iran. (Twitter)

BolaSkor.com - Piala Asia 2023 benar-benar menjadi milik tuan rumah, yakni timnas Qatar. Selain merengkuh gelar juara, The Maroons juga memborong semua penghargaan individu.

Timnas Qatar sukses mengandaskan perlawanan Yordania pada partai final yang berlangsung di Stadion Lusail, Minggu (11/2) dinihari WIB. Qatar menang 3-1 atas lawannya tersebut.

Penyerang timnas Qatar, Akram Afif, menjadi bintang lapangan sekaligus pahlawan berkat torehan hattrick. Ketiga gol itu dicetak Akram Afif melalui titik putih alias penalti, masing-masing pada menit 22, 73', dan 90+5'.

Sementara itu, Yordania hanya membalasnya dengan satu gol dari Yazan Al-Naimat di menit 67. Hasil ini membuat Qatar berhasil mencatatkan back-to-back juara.

Baca Juga:

Maarten Paes Dikabarkan Terkendala Aturan FIFA, PSSI Lakukan Langkah Jitu

Park Hang-seo Dinilai Cocok Gantikan Jurgen Klinsmann di Timnas Korea Selatan

Qatar memang berstatus sebagai juara bertahan di turnamen ini. Sebelumnya, mereka menjadi juara pada edisi tahun 2019 di Uni Emirat Arab (UEA).

Adapun selain mempertahankan gelar juara, timnas Qatar juga memborong semua penghargaan individu. Penyerang mereka yang menorehkan hattrick di final, Akram Afif, keluar sebagai pencetak gol terbanyak atau top skor dengan torehan delapan gol.

Kemudian, Afif juga diganjar penghargaan bergengsi lainnya, yaitu MVP alias pemain terbaik. Sarung tangan emas alias golden glove juga jatuh kepada pemain Qatar, yakni Meshaal Barsham. Sepanjang turnamen, Meshaal hanya kebobolan lima kali dari tujuh laga.

Berikut daftar penghargaan di Piala Asia 2023:

Juara: Qatar

Peringkat kedua: Yordania

Fair Play Team: Qatar

Top skorer: Akram Afif - 8 gol (Qatar)

Penjaga gawang terbaik: Meshaal Barsham (Qatar)

Pemain terbaik: Akram Afif (Qatar).

Timnas qatar Yordania Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.040

Bagikan