Punya Pemilik Baru, Lyon Siap Saingi PSG di Ligue 1

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 22 Juni 2022
Punya Pemilik Baru, Lyon Siap Saingi PSG di Ligue 1
John Textor (kiri), investor baru Lyon (Twitter)

BolaSkor.com - Alkisah di masa lalu Ligue 1 Prancis pernah memiliki 'raja' yang mendominasi dengan tujuh titel liga beruntun. Tim itu bukanlah PSG (Paris Saint-Germain) melainkan Olympique Lyonnais.

Juninho dkk memenangi tujuh titel Ligue 1 beruntun dari 2002 hingga 2008 dan kala itu PSG baru membangun tim, sebelum kucuran dana 'tanpa batas' mengubah segalanya di Prancis. PSG jadi tim tunggal pesaing titel Ligue 1.

Semenjak PSG menguasai Ligue 1 dengan barisan pemain bintang yang mereka miliki, Ligue 1 tidak lagi menarik, khususnya saat tim-tim tradisional seperti Lyon dan Olympique Marseille sulit menyaingi mereka.

Lyon memang pernah mendominasi Ligue 1 di masa lalu, tapi cara yang mereka lakukan berbeda dengan PSG dan tidak instan dalam membangun skuad.

Baca Juga:

Detail dari Kesepakatan Transfer Sadio Mane ke Bayern Munchen

Liverpool Resmi Kenalkan Rekrutan Ketiga setelah Carvalho dan Nunez

Rangkuman Transfer Sepekan Terakhir: Liverpool Amankan Nunez dan Ramsay, Real Madrid Dapat Tchouameni

John Textor

Itulah yang ingin dikembalikan oleh John Textor, investor baru Lyon asal Amerika Serikat. Musim lalu Lyon finish di urutan tujuh dan terpaut 27 poin dari PSG serta terakhir memenangi titel liga pada 2008.

Textor siap membangkitkan Lyon dan kembali bersaing dengan PSG. Ia juga menegaskan akan menempuh jalur berbeda dari PSG dalam persaingan tersebut.

"Saya tidak suka model seperti PSG," kata Textor seperti dilansir dari Goal. "Tim hebat, apapun itu, atlet hebat, kami semua senang menonton mereka."

"Saya pikir selama beberapa tahun kami ingin mengejar mereka (PSG). Kami ingin memenangkan gelar di sini. Kami akan bangkit dan kami akan belanja pemain."

"Kami dapat memiliki modal sebanyak yang dimainkan di klub sepak bola kami seperti Emir Qatar."

Bagi yang tak mengetahuinya, Textor adalah pebisnis dan mantan Executive Chairman fubo TV. Textor menjanjikan rekrutan besar dengan dana suntikkan sebesar 86 juta euro, sebagai bagian dari nilai klub pada angka 800 juta euro.

PSG Ligue 1 Ligue 1 Prancis Olympique Lyon Lyon
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.831

Bagikan