Piala Asia 2023

Punya Memori Indah Melawan Jepang, Timnas Indonesia Berharap Tuah Shin Tae-yong

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 24 Januari 2024
Punya Memori Indah Melawan Jepang, Timnas Indonesia Berharap Tuah Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang dalam laga pamungkas Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1). Jelang laga ini, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mendapat banyak sorotan.

Sorotan itu tentu berkaitan dengan kiprah Shin Tae-yong sebagai seorang pelatih. Ia pernah mengalahkan Jepang saat membesut Korea Selatan.

Momen tersebut terjadi dalam partai final EAFF (East Asian Football Federation) pada tahun 2017. Saat itu, Korea Selatan asuhan Shin Tae-yong menang telak 4-1 atas Jepang.

Publik sepak bola Indonesia tentu berharap Shin Tae-yong kembali menunjukkan tuahnya, untuk setidaknya menahan imbang Jepang. Pelatih 53 tahun itu pernah membuktikan bahwa tidak ada yang mustahil dalam sepak bola.

Itu saat Korea Selatan mengalahkan Jerman 2-0 di Piala Dunia 2018. Bak deja vu, saat itu Jerman lebih diunggulkan ketimbang Korea. Laga itu juga penutup babak penyiishan Grup F.

Baca Juga:

Kabar Baik, Kaoru Mitoma Kemungkinan Tak Turun Lawan Timnas Indonesia

3 Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Terkait catatan ini, Shin Tae-yong mengakui memang punya catatan yang cukup baik saat bertemu Jepang. Namun, di sisi lain, Ia juga sadar dengan perbedaan kualitas yang masih jauh antara Indonesia dan Jepang.

Namun, Shin Tae-yong akan berusaha membuat Timnas Indonesia bermain bagus melawan Jepang. Bagi dia, yang terpenting adalah usaha dulu.

"Ya, saya memiliki banyak pengalaman bermain melawan Jepang, baik sebagai pemain maupun pelatih. Jelas, Indonesia lebih lemah dari Jepang, tetapi saya masih ingin mencoba yang terbaik bersama para pemain untuk mendapatkan hasil yang baik," kata Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia saat ini berada di ujung tanduk dalam perebutan satu tiket ke babak 16 besar lewat jalur empat tim peringkat tiga terbaik. Kemenangan Suriah atas India dan kekalahan Hongkong dari Palestina membuat Indonesia wajib minimal menahan imbang Jepang.

Jika menelan kekalahan dari Jepang, Skuad Garuda akan menggantungkan nasibnya kepada Bahrain (Grup E) dan Oman (Grup F). Oman harus kalah atau minimal imbang melawan Kirgistan, kemudian Bahrain harus kalah telak dari Yordania.

Sampai Rabu (24/1) pagi, baru dua tim yang mengunci tiket ke babak 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik. Tim tersebut adalah Palestina dan Suriah.

Timnas Indonesia Timnas Jepang Shin Tae-yong Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.496

Bagikan