Pukul Franco Morbidelli, Pol Espargaro Kena Hukuman

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 19 November 2023
Pukul Franco Morbidelli, Pol Espargaro Kena Hukuman

BolaSkor.com – FIM Steward akhirnya mengambil langkah tegas atas insiden pemukulan yang dilakukan Aleix Espargaro. Pembalap Aprilia itu dijatuhi hukuman sanksi yang cukup berat.

Insiden kontroversial sempat mewarnai jalannya sesi latihan bebas kedua (FP2). Saat itu Aleix Espargaro terlibat keributan dengan Franco Morbidelli.

Kejadian ini berawal saat Espargaro berusaha menyalip Morbidelli di tikungan keenam. Dalam proses overtaking ini, terjadi senggolan antara kedua pembalap tersebut hingga melebar.

Di saat itu juga, Morbidelli langsung memperlihatkan gestur minta maaf. Namun alih-alih menerima permintaan maafnya, Espargaro justru menyambutnya dengan pukulan ke arah helm Morbidelli.

FIM langsung melakukan investigasi terhadap insiden ini. Mereka lantas memberikan menjatuhi penalti turun enam posisi di starting grid balapan tengah malam nanti. Selain itu pembalap asal Spanyol ini juga diharuskan membayar denda sebesar 10.000 Euro atau sekitar Rp168 juta.

“Aleix Espargaro dijatuhi denda 10.000 Euro dan penalti enam posisi pada balapan utama di MotoGP Qatar atas insiden yang melibatkan Franco Morbidelli,” tulis MotoGP melalui keterangan resminya.

“Espargaro dinyatakan melakukan aksi yang tidak sportif kepada pembalap Italia ini, sehingga FIM Steward memberikan hukuman ini. Setelah lolos di posisi ke-10, Espargaro akan memulai balapan dari posisi ke-16,” tambahnya.

Namun Espargaro bukan satu-satunya pembalap yang mendapat hukuman penalti di pekan MotoGP Qatar musim 2023 ini. Pembalap pengganti LCR Honda, Iker Lecuona juga mendapatkan penalti turun posisi.

“Sebagai tambahan, Iker Lecuona merupakan pembalap lain yang juga mendapat penalti di MotoGP Qatar. Pembalap asal Spanyol itu kedapatan melaju dengan lambat saat berada di racing line.”

“Dia menghalangi Enea Bastianini yang sedang mencatatkan lap tercepat di Q1. Lecuona mendapatkan hukuman turun tiga posisi dan akan memulai balapan dari belakang di balapan nanti."

Sebagai informasi, dijadwalkan balapan utama MotoGP Qatar akan berlangsung pada Minggu (19/11) tengah malam. Balapan ini bertempat di Sirkuit Losail, Qatar.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Aleix Espargaro Franco Morbidelli
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan