PT LIB Teruskan Laporan soal Wasit Kontroversial, PSSI Janji Tegas dan Berbenah

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 14 Desember 2022
PT LIB Teruskan Laporan soal Wasit Kontroversial, PSSI Janji Tegas dan Berbenah
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (Instagram.com/mochamadiriawan84)

BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sudah meneruskan keluhan klub-klub ke PSSI terkait buruknya kepemimpinan wasit yang bertugas dalam lanjutan Liga 1 2022/2023.

Beberapa wasit yang memimpin pertandingan Liga 1 memang tengah mendapat sorotan akibat keputusan-keputusan kontroversialnya.

Terbaru, pelatih Persebaya Aji Santoso merasa timnya dirugikan oleh keputusan wasit Ginanjar Rahman Latief yang memimpin pertandingan antara Bajul Ijo dan Persik Kediri, Selasa (13/12). Sebelumnya, Aji juga merasa wasit berpihak ke Persib Bandung.

Aji menilai Persebaya seharusnya mendapatkan penalti di dua pertandingan itu, tapi wasit memilih tidak memberikannya. Keluhan terhadap wasit juga disampaikan oleh pelatih PSM Bernardo Tavares.

Selain wasit tengah, asisten wasit 1 dan 2 juga dinilai masih cukup sering salah dalam mengambil keputusan. Satu di antaranya ketika gol pemain Borneo FC Samarinda Matheus Pato ke gawang PSS Sleman tidak disahkan karena pemain asal Brasil tersebut dianggap berdiri di posisi offside.

Baca Juga:

PSSI Akomodir Pesawat Pribadi sampai Hotel Bintang Lima untuk Timnas Indonesia

PT LIB Tawarkan Liga 2 2022/2023 Dilanjutkan Mulai 14 Januari

Namun, dalam potongan video yang diunggah akun Borneo FC Samarinda di Instagram menunjukkan bahwa Pato tidak dalam posisi offside. Keputusan keliru dari wasit ini membuat Pesut Etam harus puas berbagi skor 0-0 dengan PSS.

"Teman-teman klub ada beberapa yang bersurat ke LIB dan LIB sudah menyampaikan ke PSSI, karena wasit ini ranahnya bukan di Liga (LIB), tapi ada di ranah Komite Wasit," kata Ferry Paulus di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (14/12).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menegaskan bahwa pihaknya melalui Komite Wasit akan segera menindaklanjuti keluhan klub-klub terkait kepemimpinan para pengadil lapangan.

Iriawan berjanji kekurangan yang terkait dengan penyelenggaraan Liga 1 dan kepemimpinan wasit akan terus dibenahi oleh PSSI sebagai regulator dan PT LIB selaku operator kompetisi.

"Insyaallah ke depan terus akan kami perbaiki. Sudah saya perintahkan Komite Wasit untuk segera menindaklanjuti hal-hal yang kontroversial," ujar Iriawan.

"Alhamdulillah pertandingan masih berjalan lancar sampai hari ini dan semua klub menyampaikan pelayanan yang diberikan oleh LIB," tutur mantan Kapolda Jawa Barat dan Metro Jaya tersebut.

Pssi PT Liga Indonesia Baru PT LIB Mochamad Iriawan Ferry paulus Wasit Liga 1 Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.348

Bagikan