PSSI Juga Buat Lima Pedoman Kesehatan untuk Klub dan Timnas Indonesia

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Minggu, 07 Juni 2020
PSSI Juga Buat Lima Pedoman Kesehatan untuk Klub dan Timnas Indonesia
Ketua Tim Medis PSSI dr. Syarif Alwi (Istimewa)

BolaSkor.com - PSSI tengah gencar membuat protokol kesehatan untuk diterapkan jika Liga 1 dan Liga 2 kembali digulirkan. Pada Sabtu (6/6) kemarin salah satu protokol kesehatan terkait penyelenggaraan pertandingan yang dibuat oleh PSSI bocor.

Ketua Tim medis PSSI, dr. Syarif Alwi mengatakan bahwa itu masih satu protokol. Hari ini PSSI juga memberikan satu protokol kesehatan lagi untuk dipelajari oleh pihak yang nantinya terlibat dalam sebuah pertandingan.

Protokol kedua yang dibuat kali ini memiliki lima poin. Pertama Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Secara Umum, Pedoman untuk Akomodasi Hotel dan Staf Saat Tim Melakukan Perjalanan Away, Rekomendasi Prosedur untuk Dugaan atau Positif COVID-19, Pedoman untuk Higiene dan Sanitasi Lingkungan, terakhir Kebutuhan tambahan.

Baca Juga:

Gelandang Persib Dedi Kusnandar Semakin Antusias Latihan Mandiri Menyusul Opsi Liga 1 Dilanjutkan

Respons Bek Persib Nick Kuipers soal Potensi Liga 1 Kembali Jalan dan Tanpa Degradasi

Sama halnya dengan yang pertama, pedoman kedua disusun oleh Yunus Nusi selaku Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, Ketua Tim Medis PSSI dr. Syarif Alwi, dokter Timnas Indonesia U-19 dr. Dicky M. Shofwan, dokter Timnas Indonesia U-16 dr. Ifran Ahmad, dan dokter Timnas Putri Indonesia dr. Leksolie FoEs.

"Ini saya kasih panduan di klub dan kalau sebelumnya yang pertama itu adalah panduan penyelenggaraan pertandingan. Kedua ini, tiga lainnya; TC Timnas untuk semua usia, kemudian SSB, dan untuk kursus-kursus kepelatihan," kata Syarif Alwi kepada wartawan.

Pria yang kerap disapa Papi ini menambakan nantinya kelima pedoman penanganan kesehatan tersebut akan dijadikan buku oleh PSSI. Kemudian buku tersebut akan diberikan langsung kepada klub yang akan bertanding di Liga 1 maupun di Liga 2.

"Kita akan buat semacam buku panduan kita cetak jadi buku dan dibagikan supaya jadi standar panduan. Yang pedoman pertandingan itu jadi panduan buat tim nanti bagaimana pertandingan dia harus bagaimana. Kalau pedoman klub untuk persiapan timnya," tambah Papi.

PSSI mengaku membuat protokol keshatan tersebut melalui berbagai macam referensi dari mulai FIFA, WHO, AFF, Kementrian Kesehatan (Kemenkes), Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dan terakhir ada juga Bundes Liga Jerman.

Syarif alwi PSSI Liga 1 Liga 2 Timnas Indonesia Virus Corona
Posts

4.871

Bagikan