Liga 1

PSSI Beri Penjelasan soal Penggunaan Wasit Jepang di Dua Pertandingan Liga 1

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 10 Desember 2023
PSSI Beri Penjelasan soal Penggunaan Wasit Jepang di Dua Pertandingan Liga 1
Ilustrasi BRI Liga 1 2023/2024. (Istimewa)

BolaSkor.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, memberikan penjelasan mengenai wasit Jepang yang memimpin dua laga Liga 1 2023/2024. Menurutnya, tidak ada niatan menggunakan wasit Jepang untuk Liga 1 seterusnya.

Dua wasit Jepang memimpin dua laga Liga 1. Laga Persib Bandung menjamu Persik Kediri di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (10/12), dipimpin Futoshi Nakamura. Sedangkan laga Persita Tangerang menghadapi Persikabo 1973 di Indomilk Arena, Minggu (10/12), dipimpin Yusuke Araki.

Banyak tanggapan miring dari warganet soal penggunaan dua wasit tersebut. Ada yang berspekulasi Liga 1 akan kembali menggunakan wasit asing.

Baca Juga:

Justin Hubner Ungkap Alasan Batal Naturalisasi pada April 2023

Harapan Erick Thohir Usai Justin Hubner Jadi WNI

Arya Sinulingga
Arya Sinulingga. (PSSI)

Arya Sinulingga meluruskan presepsi negatif yang hadir di media sosial. Menurutnya, dua wasit asal Jepang ini merupakan hasil kerja sama PSSI dengan JFA, Federasi Sepak Bola Jepang.

"Ini sebenarnya sudah lama, karena bentuk kerja sama JFA dengan PSSI. Kita tahu kan wakil komite wasit nya dari Jepang (Mr Ogawa). Jadi saat itu kita mencoba trial dan mengkomper dan cari pembelajaran wasit Jepang yang kita undang ke Indonesia," kata Arya lewat voice noted di grup Whatsapp media.

"Kenapa di sini (Jakarta dan Bandung), karena tidak jauh. Ini hanya dua laga saja trial wasit dari Jepang. Bukan kita tidak percaya dengan wasit kita, tapi ini bentuk program kerja sama JFA dan PSSI. Semoga dengan cara ini kita dapat masukan juga dari wasit Jepang di dua pertandingan ini. Jadi kita tidak pakai wasit asing seterusnya. Tapi ini karena bentuk kerja sama dengan JFA," tambahnya.

Saat ini, PSSI memang terus melakukan pembenahan di sektor wasit bersama operator PT Liga Indonesia Baru (LIB). Rencananya, VAR (Video Assistent Referee) sudah bisa digunakan di Liga 1 pada pekan ke-24, Februari 2024 mendatang.

Pssi Arya Sinulingga Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.686

Bagikan