PSSI Angkat Bicara soal Kericuhan Suporter di Laga PSIS Vs Persib

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 22 Agustus 2023
PSSI Angkat Bicara soal Kericuhan Suporter di Laga PSIS Vs Persib
Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, saat memberikan keterangan kepada awak media. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI angkat bicara soal kericuhan suporter yang terjadi pada pekan ke-9 BRI Liga 1 2023/2024 antara PSIS Semarang melawan Persib Bandung di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (20/8) malam WIB.

PSSI mengingatkan kepada seluruh suporter bahwa Indonesia masih dipantau FIFA pasca Tragedi Kanjuruhan. Ini membuat adanya regulasi larangan suporter untuk menyaksikan timnya tanding di kandang lawan.

"Kami menyayangkan kejadian di Semarang. Kami semua harus bersama-sama bekerja sama dari seluruh elemen sepakbola baik itu PSSI, PT LIB, klub, dan suporter," kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga di forum wartawan, Senin (21/8).

Baca Juga:

Jadwal Siaran Langsung Pekan Ke-10 Liga 1 2023/2024

Hasil Liga 1: Dua Penalti dan Dua Kartu Merah Warnai Kemenangan Persib atas PSIS

Kericuhan tersebut bermula ketika suporter PSIS mengejek beberapa fans Persib, yang ternyata hadir di dalam stadion. Padahal sesuai regulasi, hal itu dilarang.

"Keputusan transisi oleh PSSI setelah mendapatkan arahan FIFA bahwa penonton tandang itu tidak boleh datang harus sudah dilakukan sama-sama. Seluruh suporter juga harus tahan diri supaya tidak datang ke kandang lawan," ujar Arya.

"FIFA sudah ada di Indonesia dan melihat kejadian ini. Ayo teman-teman suporter, klub, PSSI, dan PT LIB harus bergandengan tangan untuk ubah diri kita," tambahnya.

Arya kecewa dengan ulah suporter Persib yang masih saja hadir di laga tandang. Hal ini sudah beberapa kali terjadi, salah satunya ketika Persib dijamu Persis Solo beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Arya pun berharap suporter untuk secepatnya membentuk badan hukum. Kampanye ini sudah didengungkan PSSI sejak disahkannya UU Sistem Keolahragaan Nomor 11 Tahun 2022 pasal 54 dan 55 yang mengatur tentang suporter.

"Satu hal yang kami dorong bahwa secepatnya suporter memiliki badan hukum. Ini bagian dari transformasi sepak bola Indonesia sesuai undang-undang. Tanpa langkah awal ini, kita tidak bisa memajukan sepak bola," ucap pria yang juga menjabat Ketua Komite Media dan Suporter PSSI tersebut.

#BolaPemersatuBangsa #BRIPalingBola

Arya Sinulingga Liga 1 Pssi Persib Bandung PSIS Semarang Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.686

Bagikan