Promosikan Ekowisata di Tanah Air, Mandiri Jogja Marathon Kembali Digelar

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 17 Juni 2023
Promosikan Ekowisata di Tanah Air, Mandiri Jogja Marathon Kembali Digelar
Konferensi pers Mandiri Jogja Marathon 2023. (Istimewa)

BolaSkor.com - Ajang lari tahunan yang paling ditunggu, Mandiri Jogja Marathon (MJM), kembali digelar pada tahun ini. Event lari skala internasional ini bakal lebih meriah dan semarak karena diikuti oleh 8000 peserta dari berbagai wilayah.

Mandiri Jogja Marathon 2023 dilangsungkan pada 18 Juni 2023 dan dipusatkan di kawasan Prambanan, yang merupakan jantung pariwisata Yogyakarta, dengan mempertandingkan empat kategori, di antaranya Marathon (42.195 Km), Half Marathon (21 Km), serta 10 Km dan 5 Km (Fun Rum).

Ajang yang sudah berlangsung sejak tahun 2017 ini merupakan bukti komitmen Bank Mandiri dalam memperkenalkan keragaman pariwisata di Tanah Air, khususnya Yogyakarta.

Melalui MJM, Bank Mandiri ingin turut serta menggairahkan budaya hidup sehat di masyarakat sekaligus momentum untuk menyukseskan prinsip environmental, social adn governance (ESG) yang tengah digalakkan oleh perusahaan.

Mandiri pun menggandeng beberapa perusahaan pengelola sampah untuk memilah dan mendaur ulang sampah organik maupun non-organik supaya dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekaligus penerapan zero waste to landfill dari ajang MJM.

Tidak hanya itu, Bank Mandiri juga bekerja sama dengan Pemprov DIY untuk mengangkat kekayaan dan produk lokal. Pasalnya, Mandiri Jogja Marathon punya misi untuk memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar lewat sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM.

"Mandiri Jogja Marathon 2023 seperti tahun-tahun sebelumnya, diharapkan menjadi katalis pendorong pertumbuhan pariwisata di Indonesia, khususnya Yogyakarta, serta menggerakkan perekonomian secara maksimal. Kami berharap hal ini dapat menjadi pemicu yang positif bagi ekonomi di dalam negeri," kata Vice President (VP) Corporate Communication Bank Mandiri, Ricky Andriano.

Ricky menambahkan, 8000 peserta Mandiri Jogja Marathon 2023 merupakan pelari lintas generasi, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan ada juga peserta dari Jepang, Australia, Inggris Raya, Belgia, Malaysia, sampai Kenya.

"Ini akan menjadi warna tersendiri bagi Mandiri Jogja Marathon 2023 yang jarang ditemui di event lainnya. Kami juga kali ini akan mengembangkan rangkaian kegiatan yang melibatkan komunitas pelari nasional dan internasional dengan memberikan pengalaman yang memuaskan bagi seluruh peserta," ujar Ricky.

Untuk mengoptimalkan hal tersebut, Mandiri Jogja Marathon 2023 menggandeng instansi lokal mulai dari Pemkab Sleman, Polda DIY, serta PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Kolaborasi ini jadi kunci untuk mendukung kelancaran acara termasuk mengamankan rute lari para peserta.

Bahkan demi kenyamanan para peserta Mandiri Jogja Marathon 2023, pihak penyelenggara menggandeng PT AXA Mandiri Financial Services (AMFS) untuk jaminan perlindungan asuransi kecelakaan yang nilainya mencapai Rp160 miliar untuk 8000 peserta.

"Komitmen dukungan Mandiri Group diberikan sebagai bentuk kepercayaan kami kepada peserta serta seluruh pemangku kepentingan yang terlibat, termasuk Pemprov DIY guna menghasilkan acara olahraga terbaik dan aman," ucap Ricky.

Tak hanya itu, Bank Mandiri juga melakukan perbaikan dan renovasi di beberapa titik yang menjadi rute MJM 2023. Ini jadi bukti konsistensi Bank Mandiri dalam menggelorakan semangat pembangunan berkelanjutan.

"Sejak tahun 2017, Bank Mandiri secara aktif melakukan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau TJSL secara aktif, terutama dari sisi perbaikan jalan yang menjadi rute para peserta" ucapnya.

Sementara itu, penjabat (Pj) walikota Yogyakarta Singgih Raharjo mengapresiasi digelarnya Mandiri Jogja Marathon 2023. Singgih pun bakal melibatkan pedagang UMKM lokal untuk menarik minat peserta dan wisatawan.

Pemerintah Provinsi DIY dan Bank Mandiri juga menggandeng kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk sekolah, sanggar komunitas seni, dan UMKM untuk berperan aktif. Antara lain, ikon MJM berupa penampilan seni dari Punakawan, yaitu Rama & Sinta serta Rahwana dan Hanoman.

Lalu melalui panggung utama MJM 2023 yang dibangun di kawasan Candi Prambanan akan dimeriahkan oleh deretan artis dan seniman papan atas, seperto Andrea Lee, RAN, dan Shaggydog.

"Kami tidak hanya ingin melibatkan peserta, tetapi juga ingin memperkenalkan kembali kearifan lokal dan budaya Yogyakarta kepada para wisatawan, penonton, dan pihak-pihak lainnya agar ikut serta dalam memeriahkan Mandiri Jogja Marathon tahun ini," tutur Singgih.

Sebagai tambahan informasi, MJM 2023 untuk kategori Marathon, Half Marathon, dan 10K telah mendapatkan sertifikasi dari AIMS (Association of International Marathon and Distance Race.

"Ini jadi bukti keseriusan Bank Mandiri dalam mengembangkan olahraga atletik di Indonesia. Dengan demikian, rute Jogja Marathon diakui oleh World Athletics," timpal Pandu Bagus Buntaran selaku Race Director iSport.

Marathon Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.420

Bagikan