Profil Timnas Republik Ceko di Piala Eropa 2020: Langganan Kuda Hitam

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 22 Mei 2021
Profil Timnas Republik Ceko di Piala Eropa 2020: Langganan Kuda Hitam
Republik Ceko (Twitter)

BolaSkor.com - Gelaran turnamen akbar seperti Piala Eropa selalu diwarnai dengan kehadiran tim-tim kuda hitam. Tim Nasional Republik Ceko termasuk yang paling sering menyandang status ini.

Ceko memang bukan pemain utama dalam persaingan sepak bola Eropa dan dunia. Namun negara pecahan Cekoslowakia tak jarang memberikan kejutan dengan menumbangkan tim-tim unggulan.

Ceko belum pernah absen dari putaran final Piala Eropa sejak merdeka pada 1 Januari 1993. Si anak baru bahkan langsung membuat kejutan pada debutnya dengan menjadi finalis edisi 1996.

Baca Juga:

Skuad Sementara Tim-tim Piala Eropa 2020

Profil Timnas Kroasia di Piala Eropa 2020: Percaya Diri Vatreni

Profil Timnas Inggris di Piala Eropa 2020: Momentum Tiga Singa

Ada fakta menarik dari performa Ceko di putaran final Piala Eropa. Negara yang pernah diperkuat Pavel Nedved tersebut minimal mampu melaju ke perempat final andai mampu lolos dari fase grup.

Uniknya, Ceko kerap tampil mengesankan setelah di edisi sebelumnya terhenti di fase gugur. Siklus itu akan coba dilanjutkan mereka setelah tampil buruk pada Piala Eropa 2016.

Namun langkah Ceko ke putaran final cukup terjal. Tomas Soucek lolos dengan status runner up grup A di bawah Inggris.

Menariknya, Ceko kembali tergabung di grup yang sama dengan Inggris pada putaran final. Ini menjadi ujian tersendiri bagi sang kuda hitam.

Momen Bersejarah

Ceko mampu melaju ke final Piala Eropa 1996 sebelum ditaklukkan Jerman.

Ceko banyak menciptakan momen bersejarah kala berlaga di Piala Eropa 1996. Selain mampu melaju ke final, tim asuhan Dusan Uhrin itu juga mampu mengalahkan tim-tim besar.

Portugal dan Prancis turut menjadi korban keganasan Ceko. Sayang, mereka harus takluk dari Jerman pada laga final.

Padahal Ceko mampu unggul lebih dulu melalui penalti Patrik Berger pada menit ke-59. Namun Jerman berhasil menyamakan kedudukan melalui sundulan Oliver Bierhoff sehingga laga harus berlanjut ke perpanjangan waktu.

Ceko akhirnya harus kalah secara tragis. Bierhoff mencetak gol kemenangan saat babak pertama perpanjangan waktu baru berjalan lima menit.

Pada saat itu, sistem golden goal masih diterapkan. Ceko tak punya kesempatan untuk membalasnya.

Ceko juga tampil gemilang kala berlaga di Piala Eropa 2004. Dimotori Milan Baros, mereka mampu melaju hingga semifinal sebelum disingkirkan Yunani yang akhirnya keluar sebagai juara.

Pemain Kunci

Tomas Soucek

Materi pemain Ceko memang tidak sebaik pada edisi 1996 atau 2004. Namun mereka masih memiliki sejumlah bintang seperti Soucek dan Patrik Schick.

Soucek akan menjadi andalan di lini tengah. Pengalamannya berkarier di Premier League akan sangat membantu Ceko.

Sementara Schick akan menjadi ujung tombak Ceko. Ia diharapkan menjadi tumpuan utama dalam mencetak gol.

Pelatih

Jaroslav Silhavy

Republik Ceko tengah memulai era baru di bawah asuhan Jaroslav Silhavy. Piala Eropa 2020 akan menjadi debutnya di turnamen akbar.

Pengalaman Silhavy di level timnas memang masih minim. Namun ia langganan menangani klub-klub papan atas Ceko sehingga sudah sangat mengenal kualitas para pemainnya.

Prediksi Formasi

Republik Ceko

Timnas Republik Ceko (4-2-3-1): Tomas Vaclik; Vladimir Coufal, Ondrej Kudela, Ondrej Celustka, Jan Boril; Tomas Holes, Tomas Soucek; Lukas Provod, Vladimir Darida, Jakub Jankto; Patrik Schick.

Jadwal Pertandingan

Skotlandia vs Republik Ceko (14/06 - 20.00 WIB - Hampden Park)
Kroasia vs Republik Ceko (18/06 - 23.00 WIB - Hampden Park)
Republik Ceko vs Inggris (23/06 - 02.00 WIB - Wembley)

Piala Eropa 2020 Piala eropa Profil Tim Piala Eropa Timnas republik ceko Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan