Profil Tim Liga 1 2022/2023: Bali United

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 21 Juli 2022
Profil Tim Liga 1 2022/2023: Bali United
Bali United. (Piala Presiden)

BolaSkor.com - Julukan Bayi Ajaib lebih tepat disematkan pada Bali United. Klub hasil akuisisi Persisam Samarinda ini langsung menjelma sebagai raksasa Tanah Air dalam waktu super singkat. Mereka benar-benar ajaib soal prestasi dan finansial.

Bali United merupakan tim yang dimiliki PT Bali Bintang Sejahtera Tbk. Sosok pengusaha sukses Tanah Air, Pieter Tanuri, menjadi otak utama dari pesatnya kemajuan Bali United. Dia berhasil menjalankan ilmu bisnis dalam memajukan klub sepak bola.

Bali United dikelola orang-orang yang sebelumnya berada di manajemen PT Multistrada Arah Sarana Tbk. Ilmu sepak bola yang didapat dari hasil kunjungan ke PSG, Manchester United hingga Borussia Dortmund sukses diaplikasikan di Indonesia.

Meski sangat kecewa ketika gelar di depan mata hilang pada Liga 1 2017, Bali United dengan cepat move on. Liga 1 2019 dan Liga 1 2021/2022 sukses dikunci untuk menjadikan Bali United sebagai tim pertama yang juara berturut-turut.

Baca Juga:

Pemain Asing Asia Persib Bicara soal Kualitas Pemain Indonesia

Profil Tim Liga 1 2022/2023: Dewa United FC

Sebelum mendapat dua gelar itu, prestasi tingkat Asia sudah ditunjukkan Bali United. PT Bali Bintang Sejahtera Tbk. menjadi perusahaan klub sepak bola pertama di Asia Tenggara yang melantai di bursa efek.

Bali United dengan kode emiten BOLA resmi melantai di Bursa Efek Indonesia pada 17 Juni 2019 lalu. Dari mulanya harga saham hanya Rp175 per lembar, per Rabu (20/7), saham Bali United berada di angka Rp296 per lembar.

Kapitalisasi pasar Bali United mencapai Rp 1,7 Triliun. Bahkan, dalam perjalanannya, harga saham Bali United sempat menyentuh angka Rp1.110 per lembar pada 9 Agustus 2021 lalu.

Hasrat Cetak Rekor

Deretan kesuksesan itu tak membuat Bali United puas. Mereka masih ingin meraih prestasi-prestasi lain, termasuk gelar Liga 1 2022/2023.

Meski rataan usia skuatnya menjadi yang paling tua, namun Bali United tetaplah kekuatan besar yang tak bisa dianggap remeh. Stefano Cugurra bersama para pemainnya sangat kompak karena sudah kumpul sejak 2019 lalu.

Bali United pun berupaya mencetak rekor baru sebagai tim yang juara tiga kali berturut-turut. Bhayangkara FC, Persija Jakarta, Arema FC dan Persib Bandung diyakini sebagai calon kuat pesaing Bali United.

Transfer

Pemain Keluar: Wawan Hendrawan, Samuel Reimas, Dias Angga Putra, Gavin Kwan Adsit, Michael Orah, Fahmi Al Ayyubi, Taufiq, Stefano Lilipaly, Reuben Silitonga.

Pemain Masuk: Muhammad Ridho Djazulie, I Komang Aryantara, Ardi Idrus, Novri Setiawan, Ramdani Lestaluhu, Jajang Mulyana, I Made Tito Wiratama, Hendra Adi Bayauw.

Skuat Sementara Bali United:

Kiper: Nadeo Argawinata, M Ridho Djazulie, Rakasurya Handika, I Komang Aryantara

Bek: Ardi Idrus, I Made Andhika Wijaya, Leonard Tupamahu, Haudi Abdillah, Gunawan Dwi Cahyo, I Komang Tri Arta Wiguna, Jajang Mulyana, Willian Pacheco, Ricky Fajrin, I Gede Agus Mahendra

Tengah: Brwa Nouri, Rizky Sanjaya Pellu, Hariono, Ahmad Agung Setiabudi, Ramdani Lestaluhu, Fadil Sausu, Sidik Saimima, I Made Tito Wiratama, I Kadek Agung Widnyana, Eber Bessa, Privat Mbarga, Novri Setiawan, Yabes Roni Malaifani, M Rahmat, Irfan Jaya, Hendra Bayauw

Depan: Ilija Spasojevic, Lerby Eliandry, I Kadek Dimas Satria

Pemain Kunci: Brwa Hekmat Nouri

Brwa Nouri merupakan kekuatan besar Bali United yang jarang terbaca lawan. Ketika Nouri bisa tampil bagus, maka kemungkinan besar Bali United akan menang.

Sementara, ketika Nouri main jelek, besar kemungkinan Bali United akan seri atau kalah. Maka, banyak suporter Bali United yang menyebut tim idolanya sebagai Nouri Sentris alias tim yang bergantung pada sosok Nouri.

Brwa Nouri. (LIB)

Musim ini, Nouri masih jadi ruh permainan Bali United. Ini jadi tahun kelima berada di Bali sejak ditransfer dengan biaya mahal dari klub Swedia, Ostersunds FK.

Bila musim ini gelandang bertahan berusia 35 tahun masih tampil konsisten, maka sulit untuk bisa menandingi lini tengah dan transisi Bali United.

Prediksi Liga 1 2022/2023

Bali United hanya kehilangan Lilipaly dalam kerangka tim utama. Namun, mereka kehadiran Novri Setiawan dan Hendra Bayauw untuk menambah stok setelah keberadaan M Rahmat, Yabes Roni Malaifani dan Privat Mbarga.

Artinya, dari segi kekuatan, tak ada yang berubah dari Bali United. Tinggal musuh terberatnya adalah konsistensi. Ketika bisa konsisten, maka Bali United tetap jadi kandidat kuat juara Liga 1 2022/2023.

Persib Bandung dan Arema FC diprediksi sebagai rival terkuat musim ini, selain keberadaan Bhayangkara FC, Persija Jakarta, PSIS Semarang dan Borneo FC yang bisa memberi kejutan. (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)

Profil Tim Liga 1 Bali United Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan