Profil Stadion Piala Dunia 2022: Khalifa International Stadium yang Paling Ikonik

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Senin, 03 Oktober 2022
Profil Stadion Piala Dunia 2022: Khalifa International Stadium yang Paling Ikonik
Khalifa International Stadium (Visit Qatar)

BolaSkor.com - Untuk menyambut Piala Dunia 2022 Qatar, BolaSkor kembali melanjutkan perkenalan stadion-stadion yang akan digunakan pada ajang empat tahunan tersebut. Kali ini, stadion yang akan dibahas adalah Khalifa International Stadium.

Khalifa International Stadium merupakan stadion paling ikonik yang dimiliki Qatar. Tidak heran, stadion tersebut terpilih untuk menyelenggarakan sejumlah pertandingan pada Piala Dunia 2022.

Untuk lebih mengenal Khalifa International Stadium lebih dalam, BolaSkor akan memberikan ulasannya sebagai berikut.

Baca Juga:

Profil Stadion Piala Dunia 2022: Al-Bayt Stadium, Bermain Bola di Bawah Tenda

Profil Stadion Piala Dunia 2022: Stadium 974, Venue Terunik di Tepi Pantai

Profil Stadion Piala Dunia 2022: Lusail Stadium, Venue Final dan Terbesar di Qatar

Sejarah, Nama, Kapasitas, Budaya, dan Desain

Khalifa International Stadium sudah menjadi tuan rumah dalam daftar panjang acara olahraga di Qatar. Maklum, stadion tersebut telah diresmikan sejak 1976. Stadion dinamai Khalifa bin Hamad Al Thani yakni mantan Emir Qatar.

Biasanya, Khalifa International Stadium digunakan untuk pertandingan sepak bola dan atletik. Dengan kualitas lintasan lari yang baik, Khalifa International Stadium sangat mungkin menggelar pertandingan olahraga atletik.

Pemerintah Qatar memustuskan untuk melakukan renovasi kepada Khalifa International Stadium. Stadion tersebut dibuka kembali pada Mei 2017. Pada acara pembukaan, digelar duel Final Amir Cup.

Tidak heran, Khalifa International Stadium semakin dicintai warga Qatar. Apalagi, Khalifa International Stadium memiliki rupa yang ikonik.

Lengkungan ganda pada atap stadion yang megah tersebut menjadi ciri khas utama. Saat ini, sudah ada kanopi lebar yang menutup sebagian atap stadion.

Stadion ini terletak di jantung Aspire Zone, pusat keunggulan olahraga Qatar yang merupakan fondasi Asian Games 2006. Kawasan ini dirancang untuk mendorong partisipasi dalam olahraga.

Khalifa International Stadium juga menjadi tempat Piala Dunia 2022 Qatar pertama yang mendapatkan sertifikasi Global Sustainability Assessment System (GSAS).

Teknologi dan Kapasitas

Penambahan kanopi pada bagian atap stadion melengkapi sistem pendinginan stadion untuk menjaga suhu pemain dan penonton tetap nyaman.

Khalifa International Stadium juga terlihat indah dari bagian luar. Terdapat lampu LED warna-warni pada bagian atap yang membuat stadion menjadi berkilau.

Saat ini, Khalifa International Stadium memiliki kapasitas 40 ribu kursi. Perombakan yang dilakukan beberapa tahun lalu menambahkan 10.450 kursi.

Laga yang Dihelat di Khalifa International Stadium

Stadion Internasional Khalifa akan menjadi tuan rumah delapan pertandingan selama Piala Dunia 2022, dengan enam pertandingan babak grup, satu pertandingan babak 16 besar, dan pertandingan perebutan tempat ketiga.

Fase Grup

21 November 2022: Inggris vs Iran (Grup B)
23 November 2022: Jerman vs Jepang (Grup E)
25 November 2022: Belanda vs Ekuador (Grup A)
27 November 2022: Kroasia vs Kanada (Grup F)
29 November 2022: Ekuador vs Senegal (Grup A)
2 Desember 2022: Jepang vs Spanyol (Grup E)

Fase Gugur

3 Desember 2022: Juara Grup A vs Runner-up Grup B
17 Desember 2022: Perebutan peringkat ketiga

Khalifa International Stadium Breaking News Piala dunia 2022 Profil Stadion Piala Dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.596

Bagikan