Profil Oihan Sancet, Talenta Muda Athletic Bilbao yang Cetak Hat-trick Pertama LaLiga

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 08 Februari 2023
Profil Oihan Sancet, Talenta Muda Athletic Bilbao yang Cetak Hat-trick Pertama LaLiga
Oihan Sancet (LaLiga)

BolaSkor.com - Butuh waktu, tetapi saat yang ditunggu akhirnya datang. Akhir pekan lalu, Oihan Sancet mencetak hat-trick pertama di LaLiga 2022-2023. Ia melakukannya dalam kemenangan 4-1 Athletic Bilbao atas Cadiz CF.

Oihan Sancet masih berusia 22 tahun, tetapi dia sudah membuat 101 penampilan untuk tim utama Athletic Bilbao, termasuk dalam semua 20 pertandingan LaLiga musim ini. Lahir di Pamplona, Sancet pindah ke Bilbao pada tahun 2015 untuk bergabung dengan akademi bergengsi Athletic Club, Lezama, dan telah menjadi salah satu pemain paling menjanjikan di klub sejak saat itu.

Pada 2018, tak lama setelah ulang tahunnya yang ke-18, dia dipanggil ke pusat latihan pra-musim tim utama dan sangat menonjol, sehingga dia mendapat tempat di tim asuhan Eduardo Berizzo, pelatih saat itu. Namun, sang gelandang mengalami cedera ACL pada lutut kirinya pada awal September 2018, membuatnya absen hampir sepanjang musim 2018/19.

Baca Juga:

3 Alasan Lionel Messi Bisa Tinggalkan PSG

Benarkah Lionel Messi Batal Perpanjang Kontrak di PSG?

Fantastis, Harga Tiket VIP Duel Messi Vs Ronaldo Sentuh Rp40 Miliar

Cedera seperti itu seringkali dapat menghancurkan karier pemain, tetapi tidak dalam kasus Sancet. Dia bekerja keras untuk pulih dengan cara terbaik dan mampu melakukan debut tim utama yang telah lama ditunggu-tunggu dalam pertandingan pertama LaLiga Santander 2019-2020, saat Los Leones mengalahkan FC Barcelona 1-0 di Stadion San Mamés.

Setelah bermain 764 menit dalam 19 penampilan di musim itu, Sancet mendapatkan lebih banyak waktu bermain di setiap musim dengan bermain 1.126 menit dalam 26 pertandingan di 2020-2021 dan kemudian 1.682 menit dalam 33 pertandingan pada satu musim berselang.

Sancet mulai bermain sebagai gelandang serang bersama tim utama dan kemudian menghabiskan sebagian besar musim 2021/22 sebagai penyerang, baik mendukung penyerang utama atau bermain sebagai penyerang utama.

Bermain di depan, Sancet menghasilkan performa terbaik dalam kariernya pada Januari 2022, ketika dia mencetak hat-trick di kampung halamannya di Pamplona dalam kemenangan 3-1 Athletic Bilbao atas CA Osasuna.

Dengan usia 21 tahun dan 253 hari saat itu, Sancet menjadi pemain Athletic Bilbao termuda yang mencetak hat-trick sejak Julen Guerrero melakukannya pada usia 20 tahun pada 1994.

Musim ini, Sancet ditugaskan untuk memainkan peran yang jauh lebih dalam oleh Ernesto Valverde, yang kembali sebagai pelatih pada musim panas silam. Diminta untuk bermain sebagai bagian dari poros ganda dalam formasi tim 4-2-3-1, Sancet kembali ke peran yang paling sering dia tempati selama karir mudanya, tetapi Sancet diizinkan maju ke depan untuk ikut menyerang.

Hal tersebut membuat Sancet berhasil mencetak tujuh gol sejauh ini, yang berarti dia sedang dalam jalur untuk mencatatkan rekor gol terbaiknya dalam semusim meskipun bermain lebih dalam dari sebelumnya.

Berbicara tentang peran barunya dengan surat kabar Basque Deia, Sancet menjelaskan: “Pelatih berpikir saya bisa melakukannya dengan baik di posisi ini karena saya banyak berlari, saya bisa masuk ke kotak penalti dan saya bisa berpartisipasi dengan operan dan tembakan. Saya sudah terbiasa dengan posisi ini. Saya sudah tahu seperti apa rasanya, tetapi sudah lama tidak bermain di posisi ini, karena saya diturunkan lebih ke depan. Saya semakin nyaman dengan itu.”

Ia juga semakin nyaman secara fisik. Meski pemain asal Pamplona itu bisa kembali dari cedera ACL-nya pada 2019, efek samping dari masalah serius seperti itu tetap melekat padanya selama musim-musim berikutnya. Saat dia mengambil langkah pertamanya di sepak bola senior, dia harus mengambilnya dengan hati-hati.

Sekarang, Sancet merasa lebih baik dari sebelumnya dan dia mendukung upaya Athletic Bilbao untuk mengejar kualifikasi Eropa. Tak butuh waktu lama baginya untuk menarik perhatian pelatih tim nasional Spanyol saat ini, Luis de la Fuente.

Athletic Bilbao Oihan Sancet Breaking News LaLiga
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.532

Bagikan