Timnas Indonesia

Profil Maarten Paes, Calon Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia Berdarah Maluku yang Pernah Dibobol Messi

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 17 Desember 2023
Profil Maarten Paes, Calon Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia Berdarah Maluku yang Pernah Dibobol Messi
Maarten Paes bersama Lionel Messi. (Instagram Maarten Paes)

BolaSkor.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir, mengungkapkan ada satu nama kiper yang dicoba untuk dinaturalisasi guna membela Timnas Indonesia, yakni Maarten Paes. Erick Thohir nampaknya kepincut dengan kiper FC Dallas, yang berlaga di Major Soccer League (MLS) Amerika Serikat tersebut.

"Sama Maarten Paes, kiper utama FC Dallas di MLS," ujar Erick Thohir dalam akun Instagramnya, @erickthohir, pada Sabtu (16/12).

"Kita tunggu lah, kita lihat. Jangan kesusu tapi yang penting semua yang percaya buat bangun Timnas Indonesia, ayo!" tambah pria yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI tersebut.

Baca Juga:

Erick Thohir Akui Menunggu Thom Haye dan Maarten Paes untuk Dinaturalisasi

Ketum PSSI Erick Thohir Respons Peluang Naturalisasi Bek FC Copenhagen Kevin Diks

View this post on Instagram

A post shared by Maarten Paes (@maartenpaes)

Maarten Paes merupakan kiper berdarah Indonesia-Belanda, tepatnya punya darah keturunan Maluku. Kabarnya, sang nenek yang berdarah Maluku.

Menurut data Transfermarkt, sang kiper lahir pada 14 Mei 1998 di Nijmegen, Belanda. Kariernya tak dimulai dari klub lokal kota kelahirannya, NEC Nijmegen, pada 2016-2018.

Di NEC Nijmegen, ia memulai kariernya dari junior, U-17, U-19, hingga senior. Pada 2018, Maarten Paes pindah ke Jong Utrecht sampai promosi ke FC Utrecht hingga Januari 2022.

Pada tahun Januari 2022, ia memulai petualangan baru menuju MLS dengan bergabung bersama FC Dallas dengan status pinjaman. Maarten Paes sempat kembali FC Utrecht, sebelum dipermanenkan Dallas FC pada Juli 2022.

Di level timnas, Maarten Paes bermain 10 kali untuk timnas Belanda U-19, U-20, dan U-21 pada periode 2016-2019. Namun, ia belum pernah mengecap caps bersama timnas Belanda Senior.

View this post on Instagram

A post shared by Maarten Paes (@maartenpaes)

Selama kariernya bersama FC Utrecht, Maarten Paes pernah tampil di Eredivisie, kasta tertinggi kompetisi sepak bola Belanda. Selama membela FC Utrecht, ia kebobolan 117 kali dengan 12 cleansheet dari 66 kali penampilan.

Saat bermain di MLS, Maarten Paes tampil sebanyak 70 kali dengan 75 kali kebobolan, dan 17 kali cleansheet. Bahkan, ia pernah dibobol megabintang Argentina, Lionel Messi sebanyak 3 kali.

Ini terjadi ketika Inter Miami bermain melawan FC Dallas di Leagues Cup 2023, 6 Agustus kemarin. Messi mencetak dua gol (6' dan 85'), yang membuat kedua tim bermain imbang 4-4. Pertandingan berlanjut di babak adu penalti.

Lalu Messi menaklukkan Maarten Paes saat adu babak penalti. Pada akhirnya, Inter Miami menang 5-3 lewat adu penalti dan lolos ke babak perempat final League Cup 2023.

Menurut data Transfermarkt, total dari level klub, Maarten Paes bermain sebanyak 160 kali, kebobolan 220 kali, dan 37 cleansheet. Sedangkan di timnas Belanda kelompok umur, Maarten Paes mengecap 2 caps dengan satu kali kebobolan.

View this post on Instagram

A post shared by FC Dallas :) (@fcdallas)

Profil Maarten Paes:

Nama: Maarten Paes
Tempat, Tanggal Lahir: Nijmegen, Belanda, 14 Mei 1998
Umur: 25 Tahun
Posisi: Kiper
Tinggi, 1,92 meter
Kewarganegaraan: Belanda (Keturunan Maluku, Indonesia)
Klub Saat ini: FC Dallas

Maarten Paes Timnas Indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.154

Bagikan