Profil Kahar Muzakkar, Wonderkid Barito Putera Coba Pikat Shin Tae-yong

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 07 Februari 2021
Profil Kahar Muzakkar, Wonderkid Barito Putera Coba Pikat Shin Tae-yong
Kahar Kalu Muzakkar. (Twitter Barito Putera)

BolaSkor.com - Nama baru dimasukan ke dalam daftar pemain yang akan mengikuti training camp (TC) atau pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23. Ia adalah Kahar Kalu Muzakkar.

Hal ini sesuai informasi yang dikeluarkan Barito Putera, Minggu (7/2). Klub Laskar Antasari dalam akun Twitter-nya menjelaskan bahwa satu lagi pemainnya dipanggil.

"Satu lagi penggawa PS. Barito Putera mendapat panggilan dari Timnas Indonesia untuk mengikuti pemusatan latihan (TC), jelang SEA Games yang ke 31 di Hanoi, Vietnam pada tanggal 21 November - 2 Desember 2021.," tulis Barito Putera.

Baca Juga:

TC Timnas U-23 Jadi Obat Rindu bagi Osvaldo Haay

Irfan Jauhari Bersyukur, dari Timnas U-19 Dipanggil ke Skuat U-23

Nama Kahar Kalu Muzakkar tak ada dalam daftar 36 pemain yang sebelumnya dirilis PSSI per 5 Februari. Tercatat hanya dua nama pemain Barito Putera yang diminta untuk datang, yaitu Muhamad Riyandi dan Bagas Kaffa.

Pemusatan latihan akan digelar di Jakarta. Pemain diminta berkumpul pada Senin (8/2), sementara latihan digelar hingga 28 Februari.

"Saya sangat senang sekali, dan ini juga merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi saya, ini merupakan doa dan harapan saya yang selalu saya tanamkan dalam hati untuk bisa dipanggil dan masuk dalam skuad Timnas Indonesia, tak lupa saya minta doanya agar saya mampu memberikan yang terbaik untuk bangsa” ujar Kahar Kalu Muzakkar di laman Barito Putera.

Kahar Muzakkar mendapat sepatu emas. (Instagram Kahar Muzakkar)

Kahar Muzakkar merupakan pemain yang berposisi sebagai penyerang. Ia mulai dikenal ketika berbaju Barito Putera di kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-20 2019.

Kahar Muzakkar membawa Barito Putera menjadi runner-up di Liga 1 U-20 2019. Ia juga mencatatkan diri sebagai top skorer di ajang tersebut dengan 15 gol.

Pemain kelahiran Mei 1999 itu sebelumnya berbaju PSM Makassar U-21 di ISC U-21 2016. Ia kerap diduetkan dengan Irfan Jaya.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-23 Rencananya Akan TC di Korsel dan UEA

Tiga Pemain Dipanggil ke Timnas U-23, Persija: Jaga Nama Baik

Sempat membela Persbul Buol di Liga 2 2017, Kahar Muzakkar kemudian membela Persikota pada 2018 yang tampil di Liga 3.

Saat di Persikota, ia dipanggil ke Timnas Indonesia U-19 untuk mengikuti persiapan menuju Piala Asia U-19 2018 yang digelar di Yogyakarta pada Agustus 2018. Timnas U-19 saat itu ditangani Indra Sjafri.

Kahar kemudian menapaki karier di Barito Putera dengan membela tim U-19 di Liga 1 U-19 2018. Di ajang ini, Barito Putera keluar sebagai peringkat ketiga di mana Kahar tampil sebagai pahlawan lewat dua gol dalam kemenangan 2-1 atas Borneo FC.

Aksi Kahar dalam laga melawan Bali United. (Twitter Barito Putera)

Kahar Muzakkar mulai dipromosikan ke skuat senior Barito Putera pada akhir Desember 2019, oleh pelatih Djadjang Nurdjaman. Selainnya ada pula Yuswanto Aditya. Adapun dari tim U-18, ada Bagas Kaffa, Bagus Kahfi, dan David Maulana.

Baca Juga:

CEO PSIS Semarang Komentari Pemanggilan Dua Pemainnya ke Timnas U-23

Daftar 36 Pemain TC Timnas U-23, Ada 8 Jebolan U-19

Ia mulai berlatih dengan Rizky Pora dkk. sejak pertengahan Januari 2020. Debut di Liga 1 terjadi pada 6 Maret 2020, ketika Barito Putera menjamu Bali United.

Dalam laga pertamanya, Kahar turut mencetak gol. Hanya saja, Laskar Antasari takluk 1-2 dari Serdadu Tridatu. Sejauh ini, ia sudah mencatatkan dua laga di Liga 1, di mana satu lainnya saat menghadapi PSM Makassar kembali sebagai pemain pengganti.

Kahar Muzakkar Barito Putera Timnas indonesia u-23
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan