Piala Dunia U-17 2023

Profil Claudio Echeverri, Si Setan Kecil Jelmaan Messi di Piala Dunia U-17 2023

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 25 November 2023
Profil Claudio Echeverri, Si Setan Kecil Jelmaan Messi di Piala Dunia U-17 2023
Selebrasi Claudio Evecherri usai membobol gawang Brasil. (LOC Piala Dunia U-17 2023)

BolaSkor.com - Timnas Argentina U-17 melangkah ke semifinal Piala Dunia U-17 2023 dengan sangat meyakinkan. Albiceleste menang telak 3-0 atas rival abadinya, Brasil U-17, pada laga perempat final yang berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Jumat (24/11) malam WIB.

Tiga gol Argentina diborog Claudio Echeverri pada menit ke-28, 58', dan 71'). Ini menjadikannya top skorer sementara turnamen dengan 6 gol.

Gol kedua yang dicetak Echeverri mirip aksi Lionel Messi. Melewati tiga pemain sambil dribbling, ia menceploskan bola dengan sepakan mendatar ke tiang jauh.

Akan tetapi, nama Echeverri belum setenar para seniornya di timnas Argentina. Meski begitu, Echeverri adalah permata sepak bola Argentina untuk masa depan.

Baca Juga:

Rahasia di Balik Gacornya Claudio Echeverri yang Borong Tiga Gol ke Gawang Brasil U-17

Belum Pikirkan Juara, Pelatih Argentina U-17 Tak Menyangka Bisa Hancurkan Brasil 3-0

Claudio Echeverri
Selebrasi Claudio Evecherri usai membobol gawang Brasil. (LOC Piala Dunia U-17 2023)

Profil Claudio Echeverri

Echeverri mempunyai nama panjang Clauido Jeremias Echeverri. Ia lahir pada 2 Januari 2006.

Uniknya, bakat Echeverri dilihat pemandu bakat lewat video pertandingan. Ia ketika itu berumur 10 tahun membela akademi River Plate menghadapi Juventus, dalam turnamen sepak bola kelompok usia anak tahun 2017. River Plate saat itu menang 6-1.

Video pertandingan itu tersebar luas, di mana Echeverri berhasil menyarangkan empat gol. Banyak pemandu bakat klub Eropa tertarik untuk memboyong Echeverri ketika itu.

“Video itu adalah awal dari semua yang saya nikmati sekarang. Membuat saya selalu terdorong bermain di level itu, mengerahkan kemampuan terbaik,” kata Echeverri di JIS.

Sebelumnya, ia memang sudah bergabung dengan akademi River Plate sejak 2016. Bakatnya tercium dalam sebuah sesi try out klub raksasa Argentina itu.

Claudio Echeverri
Claudio Echeverri saat berfoto dengan Lionel Messi. (Instagram Claudio Echeverri)

Ditawar Real Madrid

Echeverri mengasah kemampuannya di River Plate, meski sejumlah klub top Eropa ingin memboyongnya. Salah satunya adalah Real Madrid.

El Real berminat memboyong Echeverri ke Santiago Bernabue disaat sang pemain masih membela River Plate B pada bursa transfer Juni 2022 kemarin. Namun, River Plate tak mau melepas Echeverri yang masih belia.

River Plate menahan Echeverri untuk terus berkembang di Argentina. Pada akhirnya, Echeverri mendapat kontrak profesional pada Desember 2022.

Si Setan Kecil Jelmaan Messi

Claudio Echeverri
Aksi Claudio Evecherri usai membobol gawang Brasil. (LOC Piala Dunia U-17 2023)

Pada FIFA Matchday Maret 2023, Echeverri dapat kesempatan berlatih bersama timnas senior Argentina. Ia pun sempat berfoto dengan Messi.

Namun, ia tidak masuk skuad untuk laga FIFA Matchday Argentina menghadapi Curacao dan Panama. Justru ia mendapat debut profesional bersama River Plate pada Juli 2023.

Pemain berjuluk El Diablito alias Si Setan Kecil itu terus berkembang hingga membela Argentina U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Menurut laporan TyC Sports, torehan hat-tricknya membuat Echeverri menjadi pemain Argentina ketiga yang berhasil mencetak tiga gol ke gawang rival Brasil di laga kompetitif resmi.

Orang pertama adalah Manuel Seone di Copa America pada tahun 1925. Disusul oleh Jose Francisco Sanfilippo di Amerika Selatan pada tahun 1959.

Echeverri kini disebut jelmaan Messi. Ia menjadi permata masa depan sepak bola Argentina.

“Tidak, saya tidak merasa tertekan. Menurut saya yang terpenting adalah untuk menikmati memakai jersey ini lalu memainkan sepak bola saya. Saya sangat senang mengenakan jersey ini, menjadi kapten, dan mewakili Argentina,” katanya.

Kini, Echeverri mempunyai misi membawa Argentina menjadi juara Piala Dunia U-17 untuk pertama kalinya. Langkah pertama yang harus dihadapi adalah melawan Jerman U-17, pada laga semifinal di Stadion Manahan, Solo, Selasa (28/11) malam WIB.

Argentina Timnas Argentina Piala Dunia U-17 Lionel Messi Claudio Echeverri
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.083

Bagikan