Timnas Indonesia

Presiden Jokowi Terbitkan Keppres, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Selangkah Lagi Jadi WNI

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 11 Desember 2023
Presiden Jokowi Terbitkan Keppres, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Selangkah Lagi Jadi WNI
Nathan Tjoe-A-On sedang berinteraksi dengan Presiden Joko Widodo. (Instagram.com/nathantjoeaon)

BolaSkor.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menandatangani surat keputusan presiden atau Keppres terkait pemberian kewarganegaraan Indonesia kepada dua pesepakbola keturunan, yakni Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Kabar baik ini disampaikan oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

Sebelumnya, pada Senin (4/12), Komisi III dan Komisi X DPR-RI merestui permohonan pemberian kewarganegaraan Indonesia untuk Jay dan Nathan yang diajukan PSSI melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI).

Keesokan harinya, atau pada Selasa (5/12), keputusan dari Komisi III dan Komisi X itu disahkan melalui sidang paripurna yang dihadiri pimpinan dan anggota DPR-RI. Dengan demikian, Jay dan Nathan tinggal diambil sumpah setia sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

"Saat ini, kami sedang menunggu waktu yang dimiliki Jay Idzes dan Nathan untuk bisa ke Indonesia, untuk mengambil sumpah," kata Arya Sinulingga, dalam keterangan resminya kepada awak media, Senin (11/12).

Baca Juga:

DPR Setuju, PSSI Gerak Cepat Tuntaskan Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

Komisi X DPR-RI Restui Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen Menyusul pada 2024

"Karena setelah kemarin proses ke DPR, kita berterima kasih kepada pimpinan DPR, kemudian juga pimpinan Komisi III dan anggotanya, serta pimpinan Komisi X dan anggotanya, sehingga keputusan DPR kemarin, termasuk paripurna juga, kepada Presiden kita berterima kasih," ujar Arya menambahkan.

Jay Idzes bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Istimewa)

Arya juga menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Jokowi dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang menerbitkan Keppres dengan cepat setelah permohonan pemberian kewarganegaraan terhadap Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On disetujui DPR.

"Kita tinggal menunggu waktu yang dimiliki Jay dan Nathan untuk bisa ke Indonesia mengambil sumpah. Setelah itu, KTP dan Paspor akan diurus juga, sama seperti Justin Hubner," tutur Arya.

Kendati demikian, peluang Jay dan Nathan untuk tampil di Piala Asia 2023 Qatar bersama Timnas Indonesia sangat kecil, bahkan hampir tidak mungkin. Pasalnya, entry by name untuk ajang tersebut harus diserahkan maksimal pada 10 Desember 2023, di mana salah satu dokumen yang harus dilampirkan adalah paspor.

Kedua pemain tersebut diprediksi baru bisa memperkuat Timnas Indonesia pada lanjutan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Skuad Garuda dijadwalkan menghadapi timnas Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024.

Timnas Indonesia Pssi Arya Sinulingga Jay Idzes Nathan Tjoe-A-On Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan