Presiden Jokowi Izinkan Zainudin Amali Fokus di PSSI, Mundur sebagai Menpora?

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 20 Februari 2023
Presiden Jokowi Izinkan Zainudin Amali Fokus di PSSI, Mundur sebagai Menpora?
Zainudin Amali saat memberikan keterangan pers di Istana Negara. (Screenshoot YouTube Setneg)

BolaSkor.com - Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Zainudin Amali, bersama Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir, Waketum II PSSI Ratu Tisha Destria, dan jajaran anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI bertemu dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/2) pagi WIB.

Pertemuan itu membahas sejumlah hal. Salah satunya melapor soal Erick Thohir dan Zainudin Amali yang merupakan menteri Kabinet Indonesia Maju, kini menjadi pengurus PSSI periode 2023-2027. Erick Thohir merupakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Zainudin Amali sebelumnya menyatakan bakal mundur sebagai Menpora jika diminta Presiden Jokowi. Bahkan, Erick Thohir secara gamblang di acara Mata Najwa mengatakan Zainudin Amali akan mundur sebagai Menpora, karena rawan conflict of interest.

Meski begitu, Zainudin Amali masih malu-malu saat ditanya soal mundur dari jabatan Menpora. Ia hanya mengatakan Presiden Jokowi memberikannya lampu hijau untuk fokus di sepak bola.

Baca Juga:

Erick Thohir Ancam Pelaku Pengaturan Skor di Sepak Bola Indonesia Hukuman Seumur Hidup

PSSI Kembali Hidupkan Badan Tim Nasional, Main di Piala Dunia Menjadi Targetnya

Zainudin Amali
Zainudin Amali dan Erick Thohir bersama Presiden FIFA Gianni Infantino. (Instagram Erick Thohir)

"Tadi saya secara pribadi sudah melapor ke Pak Presiden. Tentu beliau tahu tentang saya terpilih sebagai Waketum PSSI. Beliau serahkan ke saya karena saya sampaikan ke teman-teman harus memilih," kata Zainudin Amali.

"Saya sampaikan ke Presiden, saya ingin fokus dan konsentrasi mengurus sepak bila menjadi Waketum PSSI dan itu dipahami beliau. Beliau sampaikan ke saya dan saya diizinkan konsentrasi dan fokus kepada sepak bola."

"Jadi beliau sudah mengizinkan saya utk fokus dan konsentrasi mengurus sepakbola mendampingi Pak ET (Erick Thohir), Bu Ratu Tisha, dan teman-teman exco. Masa saya harus jelaskan lagi. Pokoknya saya sudah dapat izin dari bapak Presiden untuk konsentrasi dan fokus ngurus sepak bola," tambah Zainudin Amali Amali.

Jadi Waketum PSSI dengan Penuh Drama

Zainudin Amali
Zainudin Amali, Erick Thohir, dan Ratu Tisha akan memimpin PSSI dalam empat tahun ke depan. (PSSI)

Zainudin Amali menjadi Waketum PSSI dengan penuh drama. Awalnya, Zainudin Amali dan Yunus Nusi menang dalam pemilihan Waketum PSSI pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri La, Jakarta, Kamis (16/2).

Namun, adanya kekeliruan dalam perhitungan suara. Pemilihan Waketum PSSI diulang. Hasilnya, Ratu Tisha dan Yunus Nusi menjadi pemenang. Ratu Tisha mendapat 54 suara, diikuti Yunus Nusi (53) dan Zainudin Amali (44).

Ratu Tisha menjadi Waketum PSSI I. Waketum PSSI II dihuni oleh Yunus Nusi. Namun, Yunus Nusi mengundurkan diri usai terpilih.

Dengan begitu, Zainudin Amali menjadi Waketum PSSI I karena disetujui lewat forum. Zainudin Amali berhak mendapat jabatan Waketum PSSI I, karena lebih lama berkecimpung di dunia sepak bola Indonesia dibanding Ratu Tisha. Meskipun suara Ratu Tisha lebih banyak ketimbang Zainudin Amali.

Capaian Selama Jabat Menpora

Zainudin Amali
Waketum PSSI sekaligus Menpora, Zainudin Amali bersama Yunus Nusi. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

Seperti diketahui, Zainudin Amali sebagai politisi Golkar terpilih masuk Kabinet Indonesia Maju pada 2019. Zainudin Amali selama masa tugasnya sebagai Menpora, Indonesia ikut serta dalam SEA Games 2019 Filipina, SEA Games 2021 Vietnam, dan Olimpiade 2020 Tokyo.

Indonesia berada di posisi empat besar pada ajang SEA Games 2019. Lalu naik satu peringkat pada SEA Games 2021. Pada ajang Olimpiade 2020, Indonesia mempertahankan medali emas dengan rincian 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Pada masa kepemimpinannya di jabatan Menpora, Zainudin Amali merancang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Mencanangkan olahraga-olahraga unggulan dan berprestasi untuk dikemas menjadi industri.

Zainudin Amali Menpora Zainudin Amali Pssi Breaking News Joko widodo Jokowi
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.022

Bagikan