Olimpiade Paris 2024

Prediksi Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea: Menang atau Gagal ke Olimpiade 2024

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 09 Mei 2024
Prediksi Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea: Menang atau Gagal ke Olimpiade 2024
Starting eleven Timnas Indonesia U-23 lawan Korsel. (AFC)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-23 harus mengalahkan Guinea dalam partai play-off untuk meraih tiket terakhir ke Olimpiade 2024. Pertandingan itu digelar di Stade Pierre Pibarot yang berada di kompleks Centre National du Football de Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5) mulai pukul 20.00 WIB.

Dihadapkan dengan situasi itu, Timnas Indonesia U-23 justru mengalami beberapa masalah, terutama di lini belakang. Kapten tim, Rizky Ridho, tidak dapat bermain karena hukuman dua laga akibat kartu merah yang diterimanya saat menghadapi Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia U-23 juga tidak bisa diperkuat oleh Justin Hubner yang kembali ke klubnya, Cerezo Osaka, usai Piala Asia U-23 2024. PSSI sebetulnya kembali meminta Justin, tetapi tidak dilepas oleh tim J1 League tersebut.

Sementara itu, alasan kenapa Elkan Baggott tidak bergabung belum jelas. Baik PSSI maupun Shin Tae-yong tak dapat menjelaskan secara pasti penyebabnya.

"Memang sebelum lawan Guinea, skuad kita kurang baik, khususnya lini belakang, mungkin bisa dikatakan hampir 'runtuh'," kata Shin Tae-yong.

"Jadi dengan skuad yang ada kita harus kerja keras sampai akhir agar bisa bawa hasil baik," tambahnya.

Baca Juga:

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea

Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea, Justin Hubner dan Elkan Baggott Batal Bergabung

Shin Tae-yong akhirnya memutuskan untuk memanggil bek PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga, ke Paris. Meski berstatus pengganti, Dewangga sejatinya masuk skuad Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024.

Namun, jelang turnamen tersebut, Dewangga harus menjalani operasi ketiak. Pemain yang turut mempersembahkan medali emas SEA Games 2023 itu pun pada akhirnya absen di Piala Asia U-23 2024.

"Untuk Dewangga sudah disiapkan saat mulai kumpul (untuk Piala Asia U-23). Dia (sempat) datang (ke Jakarta), tapi dia harus pulang ke tim untuk operasi," ujar Shin Tae-yong.

Bergabungnya Dewangga membuat Shin Tae-yong kembali mempunyai tiga pemain dengan status bek tengah murni. Selain Dewa -sapaan akrab Dewangga- ada juga Muhammad Ferarri dan Komang Teguh.

Sebagai opsi lain, Shin Tae-yong bisa menarik Nathan Tjoe-A-On lebih ke dalam, jika memang diperlukan. Hal ini sebagai bentuk antisipasi terhadap para pemain Guinea yang mempunyai kecepatan dan fisik lebih baik.

Baca Juga:

Mengintip Persiapan Guinea Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23, Eks Barcelona Sudah Ikut Latihan

Laga Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea Dipantau Thierry Henry

Tim asal Afrika Barat itu diperkuat oleh beberapa pemain yang bermain di Eropa, salah satunya adalah Ilaix Moriba. Pemain Getafe tersebut merupakan jebolan Barcelona, sehingga keberadaannya sangat diperhitungkan.

"Saya menganalisis terus sambil nonton video pertandingan Guinea seperti apa. Mereka Tim yang sangat baik dan sangat kuat. Apalagi pemain-pemain Guinea banyak yang bermain di Eropa juga. Jadi tidak bisa dikatakan ini tim lemah. Jadi ini hal yang cukup dikhawatirkan," ucap Shin Tae-yong.

Dengan masalah yang dihadapi dan bertemu lawan yang cukup kuat, Shin Tae-yong akan tetap berusaha membawa Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan. Pelatih asal Korea Selatan itu tidak dapat menjamin hasil akhir, tetapi akan berusaha membuat pemainnya menampilkan permainan terbaik di tengah keterbatasan.

"Memang di situasi ini saya tidak bisa perbaiki apa-apa ya saya juga bukan Tuhan juga. Jadi mau tidak mau kita harus menjadi satu untuk melawan semua masalah ini dengan mental yang kuat. Apalagi para pemain semua pada lelah."

"Jadi dikasih istirahat juga dan perkuat mental juga. Harus lebih kerja keras untuk melewati masalah-masalah yang dihadapi. Itu yang bisa saya lakukan saat ini," tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Sementara itu, juru taktik Guinea U-23, Kaba Diawara, menilai Timnas Indonesia U-23 sebagai tim yang sangat terorganisir dan disiplin. Diawara juga mewaspadai semangat juang yang kerap diperlihatkan tim-tim asal Asia.

"Disiplin adalah inti dari sistem permainan mereka. Mereka juga sangat tangguh. Tim-tim Asia memiliki ciri khas untuk tidak menyerah."

"Kami harus bermain dengan mentalitas di babak kualifikasi, mereka harus benar-benar serius. Saya katakan kepada mereka (pemain Guinea U-23), mereka harus serius," tutur Diawara.

Prakiraan susunan pemain:

Timnas Indonesia U-23 (3-4-3): Ernando Ari; Muhammad Ferarri, Komang Teguh, Alfeandra Dewangga; Ilham Rio Fahmi, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick

Pelatih: Shin Tae-yong

Guinea U-23 (4-4-2): Sandali Conde; Ibrahim Diakite, Naby Oulare, Saidou Sow, Bangaly Cisse; Naby Camara, Aguibou Camara, Sekou Bangoura, Ilaix Moriba; Facinet Conte, Salifou Soumah

Pelatih: Kaba Diawara

Prediksi BolaSkor.com : Timnas Indonesia U-23 (2) - (1) Guinea U-23.

Timnas indonesia u-23 Guinea Shin Tae-yong Olimpiade Olimpiade 2024 Olimpiade Paris 2024 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.441

Bagikan