Prediksi dan Statistik Belanda Vs Kroasia: Memburu Trofi UEFA Nations League

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 14 Juni 2023
Prediksi dan Statistik Belanda Vs Kroasia: Memburu Trofi UEFA Nations League
Sesi latihan timnas Kroasia (Twitter)

BolaSkor.com - Semifinal UEFA Nations League akan dimulai pada Kamis (15/06) pukul 01.45 dini hari WIB. Timnas Belanda akan melawan Kroasia di De Kuip dan kedua tim punya peluang sama untuk mencapai final, berusaha memenangi trofi pertama.

Belanda akan mencoba peruntungan kembali setelah nyaris memenanginya pada edisi pertama, pada 2018-2019 ketika mereka mencapai final dan kemudian kalah 0-1 melawan Portugal. Saat itu juga Belanda mengalahkan Inggris di semifinal.

Apabila Belanda bisa mencapai final kembali dan memenangi Nations League, maka itu akan jadi titel internasional pertama Oranje sejak Piala Eropa 1988. Jalan mereka tidak akan mudah karena Kroasia juga ingin mencapai final.

Baca Juga:

Sederet Catatan Menarik dari Keberhasilan Spanyol Lolos ke Semifinal UEFA Nations League

Legenda Belanda Angkat Bicara, Kritik Minimnya Kontribusi Virgil van Dijk

Undian Semifinal UEFA Nations League: Spanyol Jumpa Italia, Belanda Tantang Kroasia

Kroasia kalah di semifinal Piala Dunia 2022 dan Nations League akan jadi kesempatan terakhir bagi generasi emas mereka untuk memenangi trofi. Pemenang laga antara Belanda dan Kroasia akan dinanti pemenang laga Italia kontra Spanyol di final.

Kabar Tim

Ronald Koeman, pelatih timnas Belanda, tidak dapat memainkan Memphis Depay dan Matthijs de Ligt karena cedera. Absennya dua pemain tersebut seyogyanya masih dapat digantikan pemain lainnya. Koeman juga telah mencoret nama kedua pemain tersebut.

Sementara itu di kubu Kroasia, Zlatko Dalic tak dapat memainkan Josko Gvardiol, bek tengah RB Leipzig, karena cedera. Selain Gvardiol, Dalic dapat menurunkan komposisi pemain terbaik termasuk memainkan Luka Modric.

Komentar

Ronald Koeman sadar timnya memiliki sedikit keuntungan bermain di depan fans di De Kuip, tetapi di satu sisi berbeda Koeman juga mewaspadai Kroasia yang punya kesuksesan bertahan jauh di turnamen besar.

"Kami menantikan pertandingan karena ini adalah semifinal, dan kami bermain di Belanda. Kami memiliki tim yang bagus, dan kami memiliki banyak energi untuk mencapai final," papar Koeman di laman resmi UEFA.

"Tapi Kroasia adalah tim yang sangat kuat; mereka telah sukses besar dalam beberapa tahun terakhir, jadi ini akan sulit."

Sementara itu Zlatko Dalic menilai timnya dapat memenangi Nations League setelah mencapai semifinal. Dalic ingin anak-anak asuhnya memperlihatkan alasan mengapa mereka layak jadi juara.

"Ini adalah pencapaian yang luar biasa, menjadi salah satu dari empat tim terbaik di Eropa. Apa yang telah kami lakukan (melalui kualifikasi) sudah merupakan kesuksesan besar tetapi kami datang ke sini untuk memenangkan medali. Kami bekerja keras untuk ini dan kami ingin menunjukkannya," tegas Dalic.

Statistik

1. Ronald Koeman, pelatih Belanda, merupakan pemain Belanda ketika mereka jadi juara Piala Eropa 1988. Itu sejauh ini masih jadi satu-satunya trofi besar yang dimenangi Belanda.

2. Kroasia hanya kalah sekali dari 15 laga internasional terakhir, yakni pada semifinal Piala Dunia 2022 ketika dikalahkan oleh Argentina yang kemudian jadi juara.

Head to Head

Laga nanti hanya kali ketiga kedua tim bertemu, juga yang pertama sejak Februari 2008. Pada pertemuan terakhir kedua tim, Belanda yang dipimpin Marco van Basten kala itu menang 3-0 atas Kroasia-nya Slaven Bilic melalui gol yang dicetak John Heitinga, Klaas-jan Huntelaar, dan Jan Vennegoor of Hesselink.

Kemudian pertemuan sebelumnya terjadi pada 1998 di perebuat tempat ketiga Piala Dunia di Paris. Kroasia menang 2-1 atas Belanda dan merebut status juara ketiga.

Piala Dunia juga jadi partisipasi pertama Kroasia sebagai negara merdeka. Dua gol mereka dicetak Robert Prosinecki dan Davor Suker, yang diperkecil gol Boudewijn Zenden.

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain:

Timnas Belanda (4-3-3): Justin Bijlow; Denzel Dumfries, Virgil van Dijk, Sven Botman, Nathan Ake; Marten de Roon, Frenkie de Jong, Xavi Simons; Steven Bergwijn, Cody Gakpo, Donyell Malen

Pelatih: Ronald Koeman

Timnas Kroasia (4-2-3-1): Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Domagoj Vida,Josip Sutalo, Ivan Perisic; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic, Mario Pasalic, Luka Ivanusec; Andrej Kramaric

Pelatih: Zlatko Dalic

Prediksi BolaSkor: Belanda 2-1 Kroasia

Prediksi UEFA Nations League Kroasia Timnas Kroasia Belanda Timnas Belanda
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan