Piala Asia U-23 2024

Prediksi Qatar Vs Timnas Indonesia U-23: Mampukah Garuda Muda Bikin Kejutan?

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 15 April 2024
Prediksi Qatar Vs Timnas Indonesia U-23: Mampukah Garuda Muda Bikin Kejutan?
Para pemain Timnas Indonesia U-23 melakukan tos seusai menjalani latihan terakhir sebelum pertandingan melawan Qatar U-23. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-23 akan memulai langkahnya di Piala Asia U-23 2024 dengan menghadapi tuan rumah Qatar pada matchday satu Grup A di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4) pukul 22.30 WIB.

Dalam laga ini Qatar lebih diunggulkan. Selain bermain di depan publik sendiri, Qatar juga lebih berpengalaman tampil di Piala Asia U-23.

Tahun ini merupakan kelima kalinya Qatar U-23 berpartisipasi dengan pencapaian terbaik diraih pada tahun 2018 sebagai tim peringkat ketiga. Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 berstatus debutan.

Meski sebagai debutan, Timnas Indonesia U-23 akan berupaya untuk tidak demam panggung. Persiapan matang pun dilakukan dengan menggelar pemusatan latihan atau training camp (TC) selama lebih dari satu pekan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Di masa persiapan itu, Timnas Indonesia U-23 juga melakukan dua kali uji coba menghadapi Arab Saudi U-23 dan UEA U-23. Hasilnya, Tim Merah-Putih kalah dari Arab Saudi, tetapi berhasil menang atas UEA.

"Bisa saya katakan persiapan kami untuk turnamen kali ini tidaklah maksimal, karena Piala Asia U-23 bukanlah agenda FIFA. Tapi kami tetap berusaha mengembangkan tim kami sebaik mungkin, agar kami bisa memberikan penampilan terbaik di turnamen ini," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Persiapan Timnas Indonesia U-23 Makin Matang Jelang Lawan Qatar

Shin Tae-yong Motivasi Pemain Timnas Indonesia U-23, Target Capai Final Piala Asia U-23 2024

Terkait kekuatan Qatar U-23, Shin Tae-yong mengakui bahwa tim asuhan Ilidio Vale itu adalah lawan yang sangat tangguh. Menurutnya, Qatar terus menunjukkan perkembangan signifikan dan menjadi salah satu kekuatan baru di sepak bola Asia.

Di level senior, Qatar menorehkan tinta emas dengan meraih gelar Piala Asia dua kali berturut-turut, yakni pada 2019 dan 2023. Mentalitas itu diyakini Shin Tae-yong bakal menular ke tim U-23.

"Sehingga tim U-23 mereka mungkin juga akan menjadi salah satu tim kuat," ujar Shin Tae-yong.

Namun, Shin Tae-yong meminta kepada para pemainnya untuk tidak inferior. Pelatih asal Korea Selatan tersebut berusaha menyuntikkan mental pemenang kepada skuadnya sehingga bisa membuat kejutan di laga pertama kontra Qatar.

"Tentu saya harus membangun kepercayaan diri para pemain, tidak terbebas dengan tekanan dan menunjukkan kekuatan kami," tutur pelatih Korea Selatan U-23 di Piala Asia U-23 2016 tersebut.

Sementara itu, juru taktik Qatar U-23, Ilidio Vale, menyebut bahwa tim asuhannya akan berusaha mengikuti jejak tim senior yang berhasil merebut gelar Piala Asia 2023. Dia menilai hal itu sebagai sebuah motivasi, bukan tekanan.

"Saya berharap kemenangan timnas senior Qatar menjadi penambah semangat tim kami. Namun saya ingin meyakinkan semua orang bahwa tidak ada tekanan pada tim kami."

"Ini kompetisi yang berbeda, Piala Asia U-23 kali ini dengan tim dan tujuan yang berbeda. Tapi, saya ingin tim kami mencapai hasil luar biasa yang sama dengan seniornya," ujarnya.

Prediksi susunan pemain:

Qatar U-23: Youssef Abdulla Baliadeh; Abdullah Yousif, Mohamed Aiash, Hassemi Al-Hussain, Abdulla Al-Ali; Mostafa Meshaal, Naif Al-Hadhrami, Mahdi Salem, Jassem Gaber; Tameem Al-Abdullah, Ahmed Al-Rawi

Pelatih: Ilidio Vale

Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari; Rizky Ridho (C), Muhammad Ferarri, Komang Teguh; Ilham Rio Fahmi, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Ramadhan Sananta

Pelatih: Shin Tae-yong

Prediksi BolaSkor.com:

Qatar U-23 55:45 Timnas Indonesia U-23.

Timnas indonesia u-23 Timnas qatar Qatar Shin Tae-yong Piala Asia U-23 Piala Asia U-23 2024 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.456

Bagikan