Portugal Tersingkir, Fernando Santos Tak Menyesal Cadangkan Cristiano Ronaldo

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 11 Desember 2022
Portugal Tersingkir, Fernando Santos Tak Menyesal Cadangkan Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Portugal harus tersingkir secara tragis dari Piala Dunia 2022. Keputusan Fernando Santos selaku pelatih mencadangkan Cristiano Ronaldo mewarnai kegagalan tersebut.

Portugal berstatus unggulan saat menantang Maroko pada perempat final di Al Thumama Stadium, Sabtu (11/12). Sang lawan memang tak berpengalaman tampil di fase ini.

Santos membuat keputusan untuk mencadangkan Ronaldo. Ia berharap momen pada laga kontra Swiss saat timnya sukses berpesta gol terulang.

Baca Juga:

8 Fakta Menarik Maroko ke Semifinal Usai Tekuk Portugal

Bintang Laga Maroko Vs Portugal: Sundulan Terbang Youssef En-Nesyri Jadi Pembeda

Maroko 1-0 Portugal: Lolos ke Semifinal, Singa Atlas Ukir Sejarah

Portugal pada akhirnya memang mendominasi jalannya laga. Namun Bruno Fernandes dan kawan-kawan kesulitan membongkar pertahanan rapat Maroko.

Petaka kemudian menimpa Portugal usai Maroko mampu mencuri gol jelang babak pertama berakhir. Youssef En-Nesyri mampu memenangi duel udara dan menyundul bola ke gawang kosong yang sudah ditinggalkan Diogo Costa.

Di sisa laga, Portugal mengurung pertahanan Maroko. Ronaldo kemudian dimasukkan pada awal babak kedua untuk menambah daya dobrak.

Sayangnya kehadiran Ronaldo tak banyak membantu. Portugal tetap gagal mencetak gol penyama kedudukan dan membuat dongeng Maroko berlanjut.

Kekalahan ini membuat keputusan Santos mencadangkan Ronaldo menuai polemik. Banyak orang menilai hasil pertandingan akan berbeda andai mantan pemain Manchester United itu tampil sejak menit pertama.

Namun Santos tak menyesal dengan keputusannya tersebut. Mencadangkan Ronaldo ternyata sudah dipikirkannya secara matang.

'Saya tidak menyesalinya (mencadangkan Ronaldo). Tim melakukannya dengan sangat baik dalam pertandingan melawan Swiss, semuanya tampak berjalan dengan sangat baik," kata Santos usai laga.

"Cristiano adalah pemain besar. Dia masuk ketika kami mengerti bahwa itu dibutuhkan."

"Seorang pelatih tidak bisa berpikir dengan hatinya, dia harus berpikir tentang tim dan para pemain juga. Secara emosional, itu adalah sesuatu yang menandai kita tetapi tidak berpengaruh," tambahnya.

Seorang pelatih terkadang memang harus melakukan sebuah perjudian dalam memilih pemain. Sayangnya, keputusan Santos kali ini tidak membuahkan hasil yang diinginkan.

Timnas Portugal Cristiano Ronaldo Fernando Santos Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan